Sukses

[REVIEW] Asus Zenfone Selfie: Smartphone Khusus Penggemar Selfie

Cari smartphone yang bisa bikin foto selfie keren? Yuk, baca ulasan lengkap tim Tekno Liputan6.com soal Asus Zenfone Selfie.

Liputan6.com, Jakarta - Asus kembali memboyong smartphone terbarunya dalam jajaran seri Zenfone: Asus Zenfone Selfie. Mengusung nama Selfie, smartphone ini jelas ditujukan bagi pengguna yang gemar melakukan swafoto (selfie).

Di sisi lain, meskipun mengunggulkan kamera depan, Asus Zenfone Selfie juga dibekali spesifikasi cukup mumpuni. Dibanderol di kisaran Rp 2 jutaan, Asus Zenfone Selfie dilengkapi dengan chipset Snapdragon dan RAM 3 GB.

Tak hanya itu, layar 5,5 inci dari Asus Zenfone Selfie juga sudah dilindungi Gorilla Glass generasi keempat. Namun, bagaimanakah performa keseluruhan dari smartphone ini? Untuk itu, kami akan memberikan uraian pengalaman kami selama menjajal Asus Zenfone Selfie ini.

Kelengkapan Asus Zenfone Selfie
Unit Asus Zenfone Selfie
Kabel microUSB
Kepala charger
Buku panduan dan garansi

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Desain dan Antarmuka Pengguna

Sejak merilis Zenfone 2, Asus kelihatannya ingin menghadirkan desain smartphone yang khas bagi para penggunanya. Untuk itu, Asus memilih desain melengkung berupa Ergonomic Arc yang jadi ciri khas vendor asal Tiongkok tersebut.

Desain itulah yang juga dihadirkan di Asus Zenfone Selfie. Dengan bodi belakang yang melengkung, smartphone ini memberikan kesan lebih tebal ketimbang smartphone lainnya. Kendati demikian, desain itu juga yang membuat Asus Zenfone Selfie dapat digenggam dengan lebih nyaman.

Salah satu ciri khas lain yang diusung di Zenfone Selfie adalah tombol volume yang diletakkan di belakang dan berada di bawah kamera. Sementara tombol power diletakkan di atas bodi, bersebelahan dengan lubang earphone. Hal ini otomatis membuat sisi kiri dan kanan smartphone ini bersih dari deretan tombol.

Di bagian depan, desain Asus Zenfone Selfie cukup menarik perhatian dengan kehadiran kamera depan yang terpampang jelas di bagian atas smartphone. Lalu di bagian bawah hadir soket microUSB untuk kebutuhan transfer data dan pengisian daya.
Tampilan antarmuka Asus Zenfone Selfie
Asus Zenfone Selfie tidak menggunakan layar sentuh untuk navigasi. Jadi, bagian bawah Zenfone Selfie dilengkapi dengan tombol navigasi seperti Back, Home, dan Recent Apps.

Untuk tampilan antarmuka, sama seperti seri Zenfone lainnya, Selfie menggunakan desain Android modifikasi Asus yakni ZenUI. Sementara untuk sistem operasi, Zenfone Selfie berjalan di Android 5.0 Lollipop.
Tampilan easy mode dari Asus Zenfone Selfie
Walau masih mengusung tampilan halaman depan dengan app drawer, aplikasi di sudah dibagi berdasarkan kategori untuk memudahkan pengguna. Tak lupa, tersedia tambahan daftar widget di bagian kanan daftar aplikasi yang dapat diletakkan di halaman awal.

3 dari 7 halaman

Performa

Untuk mendukung performa, Zenfone Selfie dibekali dengan chipset Snapdragon 615 quad-core dan RAM 3 GB. Berdasarkan pengujian menggunakan AnTuTu Benchmark, Zenfone Selfie berhasil mencatat hasil di angka 30 ribuan. Sementara ketika diuji di aplikasi 3D Mark, Zenfone Selfie berhasil memperoleh nilai 102.
Hasil pengukuran Asus Zenfone Selfie menggunakan AnTuTu Benchmark 6.0
Menurut pengalaman kami selama menggunakan Zenfone Selfie, performa smartphone ini terasa lancar, tak ada kendala yang kami temui. Perpindahan antarmenu, termasuk ketika membuka ataupun berpindah ke aplikasi lain, berjalan tanpa masalah.

Tak hanya itu, ketika dicoba menjalankan bermain beberapa gim (game) yang dikenal berat, seperti Mortal Kombat X, Need fod Speed: No Limits, dan Gods of Rome, kami tidak merasakan lag.

Dengan kapasitas baterai 3.000 mAh, smartphone ini mampu bertahan sekitar 8-10 jam dalam penggunaan normal. Sementara, ketika digunakan untuk menjalankan aktivitas yang cukup berat, Zenfone Selfie bisa bertahan sekitar 6-8 jam.

Zenfone Selfie sendiri juga sudah dilengkapi dengan sensor yang cukup lengkap. Mulai dari proximity sensor hingga gyroscope sensor, telah disematkan di smartphone ini.
Kelengkapan sensor dan kemampuan multi-touch dari Asus Zenfone Selfie
Untuk kapasitas memori, Zenfone Selfie hadir dengan 2 pilihan kapasitas, yakni 16 GB dan 32 GB. Kapasitas ini masih bisa diperluas dengan tambahan microSD hingga 128 GB.

4 dari 7 halaman

Kamera

Mengusung nama Selfie, smartphone ini jelas hadir dengan kualitas kamera depan mumpuni. Namun, bukan berarti kamera belakang Zenfone Selfie dapat dilupakan begitu saja.

Sama-sama beresolusi 13 MP, kedua kamera smartphone ini mampu menghasilkan kualitas gambar yang nyaris sama. Khusus di kamera belakang, Zenfone Selfie telah menyematkan teknologi laser auto focus. Jadi, kamera memiliki waktu fokus yang lebih cepat ketika mengambil gambar.
Kamera depan Asus Zenfone Selfie (liputan6.com/Yuslianson)
Hasil kamera belakang Zenfone Selfie pun dapat dikatakan sangat memuaskan. Gambar yang dihasilkan terlihat jelas dan detailnya pun tinggi. Untuk mengambil video, kamera belakang Zenfone Selfie mampu merekam video sampai 1080fps.

Berikut adalah hasil tangkapan kamera Zenfone Selfie:Hasil foto outdoor malam dari Asus Zenfone Selfie
Foto Indoor Siang Asus Zenfone Selfie
Hasil foto kamera depan Asus Zenfone Selfie
Hasil foto objek dari Asus Zenfone Selfie

5 dari 7 halaman

Fitur dan Konektivitas

Dengan layar 5,5 inci, smartphone ini sebetulnya tidak terlalu nyaman untuk penggunaan hanya dengan satu tangan. Karena itu, Asus menyematkan fitur yang dapat membantu pengguna menjalankan smartphone ini dengan satu tangan: One Hand Mode. Fitur ini memungkinkan pengguna memperoleh tampilan layar yang lebih kecil hanya dengan mengetuk tombol Home sebanyak dua kali. Tak hanya itu, posisi dan ukuran tampilan juga dapat diatur oleh pengguna.

Selain One Hand Mode, fitur lain yang juga membantu adalah Touch Gesture. Fitur ini terdiri dari beberapa fungsi seperti Double Tap untuk membuka atau mengunci layar. Menariknya, pengguna juga dapat menulis huruf tertentu untuk langsung membuka aplikasi ketika layar mati.

Konektivitas
Untuk konektivitas, Zenfone Selfie sudah mendukung jaringan 4G dan didukung dengan dua SIM card slot yang sama-sama dapat digunakan untuk mengakses jaringan 4G. 

Untuk akses internet alternatif, smartphone ini sudah dilengkapi dengan WiFi WLAN 802.11 b/g/n/ac. Adapun untuk transfer nirkabel, Zenfone Selfie sudah mengusung Bluetooth versi 4.0

6 dari 7 halaman

Kesimpulan

Dengan banderol harga Rp 2,9 juta untuk kapasitas memori 16 GB dan Rp 3,1 juta untuk 32 GB, Zenfone Selfie dapat dikatakan sebagai smartphone mumpuni. Baik untuk keperluan produktivitas maupun bermain gim atau media sosial, smartphone ini mampu menjalankannya dengan baik.

Selain itu, kualitas kamera depan dan belakang yang sama-sama apik, jelas menjadi nilai tambah smartphone ini. Kehadiran fitur kamera yang mendukung sangat membantu pengguna menghasilkan gambar yang lebih baik.

Namun, desain khas Asus yang diusung smartphone ini bagi sebagian pengguna mungkin terasa agak aneh. Terlebih kehadiran tombol power dan volume yang tidak biasa, sehingga beberapa pengguna mungkin memerlukan penyesuaian terlebih dahulu.

Kendati demikian, kehadiran fitur seperti Double Tap untuk membuka dan mengunci layar, jelas mempermudah pengguna ketika menggunakan smartphone ini. Terlebih lagi, smartphone ini memiliki beberapa fitur cepat untuk mengakses beberapa aplikasi.

Maka dari itu, dapat dikatakan Zenfone Selfie merupakan smartphone yang tepat bagi pengguna yang tak hanya gemar melakukan swafoto, namun juga membutuhkan perangkat yang bertenaga.

7 dari 7 halaman

Spesifikasi Lengkap

Ukuran Layar
5.5 inci, Full HD (1920x1080), 403 PPI
Scratch Resistant Corning Glass with anti-fingerprint coating
Corning Gorilla Glass generasi 4

Warna
Red, White, Gold, Pink, Blue, Silver

Sistem Operasi
Android v5.0 / Lolipop

Processor
Qualcomm Snapdragon 615 MSM8939

Memori
RAM: 3GB LPDDR3 RAM
ROM: 16 GB dan 32 GB, Micro SD: Hingga 128 GB

SIM
Dual SIM Dual Stand By
SIM1 Support2G/3G/4G
SIM2 Support2G/3G/4G

Kapasitas Baterai
3000 mAh Li-Polymer

Kamera
Belakang: 13 MP dengan fitur Auto Focus, Wide View, dan PixelMaster
Depan:13 MP dengan fitur Auto Focus dan PixelMaster

Sensor
Accelerator/G-Sensor/E-Compass/Gyroscope/Proximity/Ambient Light Sensor/Hall Sensor

Konektivitas
WLAN 802.11 b/g/n/ac
USB
Bluetooth V4.0

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini