Sukses

Robot Ini Selesaikan Rubic Cube dalam Sedetik

Robot bisa menyelesaikan permainan rubik dalam satu detik saja. Cek di sini!

Liputan6.com, Jakarta - Meski sederhana, rubik termasuk permainan yang adiktif. Siapa pun yang memainkannya akan merasa penasaran untuk dapat menyelesaikan permainan ini secepat mungkin.

Bahkan, sudah ada rekor-rekor yang diciptakan oleh orang-orang yang menyelesaikan rubik dengan cepat. Namun, pernahkah Anda membayangkan kalau permainan ini dapat diselesaikan oleh robot?

Engineer perangkat lunak Jay Flatland dan Joe Rose membangun sebuah sistem robotika. Sistem ini terdiri dari satu set kamera, sebuah komputer yang dapat menjalankan program untuk menyelesaikan permainan rubik, dan enam lengan yang dilengkapi dengan motor yang disimpan di dalam sebuah rangka cetak tiga dimensi yang memutarkan pinggiran rubik tersebut.

Selanjutnya, kamera itu memindai (scan) rubik, dan memberi informasi ke sebuah algoritma khusus bernama Kociemba. Algoritma inilah yang berperan menyelesaikan rubik tersebut.

Sederhananya, Kociemba memberi tahu motor robot urutan langkah yang cepat untuk menyelesaikan rubik. Berdasarkan percobaan video yang diunggah di situs berbagi video YouTube, tampak bahwa robot tersebut mampu menyelesaikan rubik ini dalam waktu 1,04 detik saja. Demikian dikutip dari Tech Insider, Kamis (28/1/2016).

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.