Sukses

Leica X-U, Kamera Mewah Tahan Banting Rp 41 Juta

X-U bisa direndam dalam air hingga kedalaman 15 meter, tahan debu, bisa digunakan di suhu yang sangat dingin, serta kuat ketika dijatuhkan.

Liputan6.com, Berlin - Leica dikenal sebagai vendor kamera premium yang kerap membanderol produknya dengan harga selangit. Oleh karena itu, wajar saja jika penggunanya harus berhati-hati agar kamera Leica milik mereka tidak terjatuh atau terkena air, mengingat harga kamera tersebut sangat mahal.

Hal ini justru tidak berlaku dengan seri terbaru Leica yang diperkenalkan baru-baru ini, X-U. Kamera ini diklaim perusahaan asal Jerman tersebut sebagai kamera tahan banting dan cocok untuk kalangan petualang yang suka mengambil foto pada kondisi ekstrem.



Pasalnya, X-U bisa direndam dalam air hingga kedalaman 15 meter, tahan debu, bisa digunakan di suhu yang sangat dingin, serta kuat ketika dijatuhkan. Pihak Leica mengungkap, kamera tersebut masih bisa digunakan dengan normal meski jatuh dari ketinggian 1 meter.

Seperti dilansir Tech Times, Kamis (21/1/2016), desain dari X-U sangat mirip dengan Leica T. Kamera ini memiliki sensor yang sama yaitu APS-C dengan resolusi 16,5 megapiksel (MP). Bedanya, X-U disokong lensa Summilux 23 mm f/1,7 yang tidak bisa diganti.

Lebih lanjut, bodi X-U terlihat gagah dengan balutan hitam. Tak lupa ada logo ikonik Leica dengan bulatan merah di bagian depan. Sementara di belakang, ada LCD 3 inci yang menjadi satu-satunya 'mata' X-U, karena kamera ini tidak memiliki viewfinder.



Di bagian atas, ada beberapa tombol putar berbahan aluminium, sementara bodinya dilapisi material anti-slip thermoplastic elastomer.

LCD-nya juga dilindungi lapisan khusus serta ada sistem 2 pengunci untuk penutup baterai dan kartu memori. Selain itu, kamera ini memiliki kemampuan merekam video 1080p dengan kecepatan30 frame per second (fps).

Leica X-U akan dipasarkan pada akhir Januari 2016 dengan banderol US$ 2.950 atau setara Rp 41 jutaan.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.