Indosat Ooredoo dan XL Resmi Berbagi Jaringan 4G

Oleh Corry Anestia pada 19 Jan 2016, 18:00 WIB
Diperbarui 19 Jan 2016, 18:00 WIB
Stasiun Pemancar (BTS)
Perbesar
Teknisi XL sedang melakukan pemeliharan pada salah satu perangkat BTS 4G di Kota Mataram.

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo dan XL Axiata, resmi bekerja sama untuk berbagi jaringan (network sharing) 4G-LTE di beberapa kota di Indonesia. Hal tersebut diumumkan resmi pada Selasa (19/1/2016).

Kedua operator tersebut akan menggunakan jaringan 4G-LTE bersama melalui Multi Operator Radio Access (MORAN) di Banyumas, Surakarta, Batam, dan Banjarmasin. Kerja sama ini rencananya diteruskan untuk beberapa kota lainnya.

"Kami senang dapat bekerja sama dengan XL Axiata demi memperluas jaringan 4G bagi pelanggan serta mendukung program pemerintah dalam membangun ekonomi digital di Tanah Air," ujar Alexander Rusli, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo, dalam siaran rilis kepada tim Tekno Liputan6.com. 

Menurutnya, kerja sama ini sekaligus mendukung pemerintah untuk mengurangi impor dalam mata uang asing dan meningkatkan efisiensi bagi perusahaan. Dengan begitu, operator telekomunikasi dapat fokus terhadap investasi dalam negeri.

Pria yang akrab disapa Alex ini mengaku bahwa rencana network sharing telah dibicarakan selama dua tahun terakhir. "Kami berharap kolaborasi ini dapat memberikan layanan dan jangkauan lebih luas bagi pelanggan, serta mempercepat penggelaran 4G di Indonesia," tambahnya.

Sementara, Dian Siswarini, Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, mengatakan bahwa kerja sama network sharing ini juga menjadi salah satu komitmen anak usaha Axiata Group Bhd ini untuk mempercepat penyediaan infrastruktur telekomunikasi di seluruh pelosok Indonesia. 

"Kerja sama ini dapat mendorong daya saing perusahaan dalam hal meningkatkan efisiensi operasional dan membawa keuntungan bagi pelanggan kami," kata Dian.

Seperti diketahui, kerja sama jaringan atau network sharing telah diimplementasikan di beberapa negara maju, yang memungkinkan para operator untuk memberikan jangkauan jaringan lebih luas. Adapun kerja sama antara Indosat Ooredoo dan  XL Axiata adalah implementasi network sharing LTE pertama di Indonesia. 

(Cas/Isk)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya