Sukses

Gandeng Haier, Infinix Siap Penuhi TKDN

Menggandeng Haier, Infinix mengatakan siap untuk memenuhi peraturan pemerintah tentang Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Liputan6.com, Jakarta - Bersamaan dengan pembukaan Infinix House di Jakarta, Senin (18/1/2016), Infinix sekaligus mengumumkan kerja sama dengan PT Haier Electrical Appliances Indonesia (Haier) sebagai rekanan dalam perakitan lokal.

Kerja sama ini dilakukan Infinix untuk memenuhi peraturan pemerintah tentang Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Diskusi mengenai pembahasan kerja sama antara dua perusahaan ini disebut telah dimulai sejak 2015. Lalu, di Januari 2016, keduanya resmi menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding atau MoU) untuk menegaskan kerja sama ini.

"Kami sangat senang Infinix telah memilih Haier untuk merakit produk berkualitas. Kami yakin dapat mengembangkan industri smartphone bagi pasar indonesia berbasis teknologi tinggi," ujar Nakase Shinichi, Director PT Haier Electrical Appliances Indonesi, saat acara peresmian Infinix House pertama di Indonesia.

Tak hanya itu, Haier sendiri juga optimis mampu memenuhi kebutuhan minimal 20 persen kandungan lokal yang nantinya harus dipenuhi oleh Infinix. Hal ini ditegaskan langsung oleh Isven Dodie, Sales Departement Manager PT Haier Electrical Appliances Indonesia.

"Sesuai penerapan pemerintah untuk TKDN sebesar 20 persen di tahun 2016, Haier yakin bisa memenuhinya. Terlebih kami sudah berpengalaman mengurus hal ini, karena sebelumnya kami sudah melakukan kerja sama dengan perusahaan lain dan kami percaya diri bisa melakukannya dengan Infinix," jelas Isven saat ditemui di sela-sela acara pembukaan Infinix House.

Selain yakin mampu memenuhi kandungan lokal yang nantinya ada di smartphone Infinix, Isven juga yakin bahwa pihaknya mampu memenuhi permintaan produksi dari Infinix yang ditargetkan mencapai 1 juta di tahun ini.

"Dengan produksi per bulan mencapai 150.000, Haier yakin mampu memenuhi target itu. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan kami akan menambah lini produksi jika itu dibutuhkan," ujar Isven.

Hanya saja, Isven belum dapat memastikan seri apa yang nantinya akan diproduksi di pabrik Haier di Cikarang, sebab untuk saat ini hal itu masih dalam tahap pembicaraan. Namun, ia memperkirakan dalam tahap awal, seri yang akan diproduksi adalah Infinix Note 3.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini