Sukses

Dituduh Curi Teknologi Apple Watch, Apple Kembali Digugat

Apple dituduh telah mencuri dan menggunakan teknologi yang sudah dipatenkan untuk Apple Watch

Liputan6.com, Jakarta - Apple kembali tersandung masalah hukum baru. Kali ini perusahaan asal Cupertino itu dituntut oleh sebuah perusahaan bernama Valencell, mengenai teknologi sensor detak jantung yang digunakan di Apple Watch.

Perusahaan di bidang sensor biometrik itu menuduh Apple telah mencuri teknologi dari Valencell dan menggunakan teknologi yang sudah dipatenkan tanpa ijin terlebih dahulu.

Mengutip informasi dari laman Techno Buffalo, Kamis (7/1/2015), dalam tuntutan hukum yang dilayangkan ke Apple, Valencell mengklaim bahwa telah menyediakan produk purwarupa dan informasi tentang teknologi sensor biometrik pada Apple setelah perusahaan tersebut tertarik untuk bekerjasama.

Namun, menurut Valencell ternyata langkah yang dilakukan Apple kemudian berbeda dengan yang disepakati sebelumnya. Setelah pertemuan antara petinggi Apple dan Valencell, perusahaan yang kini dipimpin Tim Cook ditengarai melakukan aksi curang.

"Tak lama setelah pembicaraan itu, Apple menginstrusikan 'agen' untuk mengumpulkan informasi tambahan dari situs Valencell," ujar pihak penggunggat dalam keterangan tuntutannya.

Lebih lanjut diketahui bahwa Apple sengaja mendaftarkan beberapa orang melalui formulir online untuk dapat mengunduh informasi yang berkaitan dengan merek 'PerformTek-Powered'.

Setelah ditengarai ada aksi akses itu, Valencell segera melakukan pengecekan terhadap akun-akun tersebut. Dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa sejumlah informasi ternyata diakses oleh IP-address yang dimiliki Apple, namun dengan identitas palsu.

Perusahaan itu juga mengklaim telah mengidentifikasi 7 individu yang ditengarai juga terlibat dalam aksi dan ikut merancang sensor pembaca denyut jantung di Apple Watch. Kasus ini sendiri bermula ketika Valencell membantu Apple dengan menyediakan purwarupa teknologi ini untuk pengujian dan analisis.

Bahkan ketika itu, Valencell mendemonstrasikan teknologi pengukur detak jantung ke 15 pegawai Apple sepanjang 2014. Namun, nyatanya tanpa informasi lebih lanjut, Apple diketahui merilis Apple Watch di tahun yang sama.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini