Sukses

[Review] Lenovo Phab Plus, Phablet Multimedia Untuk Pengguna Muda

Sebagai phablet yang ditujukan untuk kebutuhan multimedia, Phab Plus hadir dengan beberapa fitur menarik. Berikut ulasan tentang Phab Plus.

Liputan6.com, Jakarta - Pertama kali diperkenalkan pada gelaran IFA 2015, Lenovo Phab Plus hadir untuk memenuhi kebutuhan multimedia pengguna, khususnya generasi milenial.

Phab Plus disebut sudah dibekali dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Kehadiran handset ini juga menjadi sarana Lenovo untuk semakin menguatkan posisinya di pasar phablet berukuran di bawah 7 inci yang masih belum banyak. 

Meski disebut telah dibekali dengan spesifikasi mumpuni, bagaimana dengan performanya? Berikut ulasan lengkap dari Lenovo Phab Plus.

Daftar Kelengkapan Lenovo Phab Plus

- Smartphone
- Kabel Data
- Pengisi Daya
- Buku Manual Petunjuk Penggunaan
- SIM Ejector

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Desain dan Antarmuka Pengguna

Pertama kali melihat Phab Plus, sekilas tampilan phablet ini tampak mirip dengan desain iPhone 6. Memiliki desain unibody yang membulat di sudut-sudutnya dengan balutan metal, memberikan kesan kokoh dan elegan.

Phab Plus tidak memiliki tombol navigasi fisik. Tombol home, back, dan recent apps langsung hadir di tampilan layar.

Sisi kiri Phab Plus diisi dengan dua slot kartu yang dapat diisi kartu SIM sekaligus microSD. Sementara untuk bagian kanan, diisi dengan tombol volume dan power.

Sisi bagian atas Phab Plus terdapat soket jack 3,5mm dan di bagian bawah diletakkan soket micro USB.

Tampilan berbagai sisi dari Lenovo Phab Plus (liputan6.com/Iskandar)

Lalu, bagaimana dengan audionya? Lenovo meletakkan speaker di bagian belakang bodi, bersebelahan dengan kamera belakang.

Posisi speaker dan kamera ini mengingatkan pada desain Nexus 6P yang juga memiliki desain serupa dengan panel hitam di belakangnya.

Tampilan kamera dan speaker Lenovo Phab Plus (liputan6.com/Iskandar)

Untuk desain antarmuka pengguna, Lenovo tidak menyematkan tampilan Vibe UI yang diusung dalam beberapa smartphone terbaru besutannya.

Di Phab Plus, antarmuka pengguna  ditampilkan layaknya bawaan sistem operasi Android, termasuk app drawer yang kembali dimunculkan. Untuk sistem operasi, Phab Plus mengadopsi sistem operasi Android 5.1 Lollipop.

Ikon dan desain aplikasi bawaan pun ditampilkan dengan apik melalui penggambaran yang sederhana. Selain itu, Phab Plus juga tidak hadir dengan banyak aplikasi bawaan Lenovo, jadi kapasitas penyimpanan yang disediakan pun masih cukup lega.

Tampilan antarmuka Lenovo Phab Plus

3 dari 7 halaman

Performa

Lenovo Phab Plus diperkuat chip mobile besutan Snapdragon 615 Octa-Core dengan RAM 2GB. Dari pengujian menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark 6.0, Phab Plus berhasil mencatat nilai di kisaran 30 ribuan. Hasil pengujian dengan 3D Benchmark pun mencatat nilai yang memuaskan. 

Sementara itu, dari pengujian selama penggunaan, Phab Plus mampu memberikan pengalaman yang cukup baik. Ketika digunakan untuk mendengarkan musik ataupun menonton video, handset ini dapat dijalankan dengan baik. 

Hasil pengukuran menggunakan AnTuTu Benchmark

Perpindahan antar aplikasi dapat dilakukan dengan nyaman dan cepat. Ketika dicoba untuk memainkan game berat, seperti Modern Combat 5, Need for Speed: No Limit, dan Gods of Rome, Phab Plus pun dapat menjalakannya tanpa hambatan.

Untuk baterai, Phab Plus sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 3.500 mAh. Dengan dukungan baterai sebesar itu, Phab Plus dapat mendukung kegiatan pengguna dengan cukup baik.

Untuk penggunaan standar dalam satu hari, baterai Phab Plus dapat bertahan 7 sampai 8 jam. Sementara untuk penggunaan yang cukup sering, semisal menonton film atau bermain game, Phab Plus dapat bertahan sampai 6 sampai 7 jam. 

Kelengkapan sensor dan kemampuan multi-touch

4 dari 7 halaman

Fitur dan Konektivitas

Sebagai phablet yang menyasar pengguna multimedia, Phab Plus sudah didukung dengan fitur audio yang cukup mumpumi yakni Dolby Atmos.

Hanya saja, dengan posisi speaker yang berada di bagian belakang bodi, terkadang ketika menonton video dalam posisi mendatar, tak jarang speaker tertutup oleh tangan pengguna.

Mengingat Phab Plus memiliki layar cukup luas, Lenovo pun tak lupa menyematkan fitur untuk mempermudah pengguna untuk mengakses layar Phab Plus dengan satu tangan. 

Fitur pengoperasian satu tangan di Lenovo Phab Plus

Beberapa fitur untuk mendukung penggunaan satu tangan di Lenovo Phab Plus adalah Double-tap to wake (ketuk layar dua kali untuk menghidupkan layar), gerakan membentuk huruf “C” pada layar untuk memasuki mode Micro Screen, dan floating button yang mirip dengan capacitive touch di perangkat Apple.  

Pada sektor konektivitas, Phab Plus sudah mendukung jaringan 4G untuk slot SIM utama. Untuk jaringan 4G sendiri, Phab Plus sudah dapat menjalankan jaringan 4G di FDD LTE: B 1/3/7, TDD LTE: B 38/39/40.

Phab Plus juga sudah dibekali dengan WiFi 802.11 a/b/g/n/ac sebagai alternatif untuk mengakses internet. 

5 dari 7 halaman

Kamera

Memiliki kamera belakang beresolusi 13 megapiksel (MP), Phab Plus mampu mengambil gambar dengan cukup baik. Terlebih, Lenovo juga sudah membenamkan beberapa mode pengambilan gambar untuk memaksimalkan penggunaan kamera. Hanya saja, memang dalam beberapa kondisi hasil tangkapan kamera kurang begitu jernih. 

Sementara itu, untuk kamera depan, Lenovo Phab Plus juga sudah dibekali kamera 5MP yang mampu mendukung pengambilan selfie dengan lebih maksimal.

Khusus untuk kamera depan, juga ada fitur Pano Selfie yang memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar selfie dengan sudut pandang yang lebih luas.

Berikut ini beberapa contoh hasil tangkapan kamera Lenovo Phab Plus:

Hasil foto dalam ruangan Lenovo Phab Plus (liputan6.com/Agustinus Mario Damar)

Hasil foto malam hari Lenovo Phab Plus (liputan6.com/Agustinus Mario Damar)

Hasil foto luar ruangan Lenovo Phab Plus (liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

6 dari 7 halaman

Kesimpulan

Dengan harga Rp 3.499.000, Lenovo Phab Plus yang dibekali dengan chipset Snapdragon 615 dan RAM 2GB dapat dikatakan mampu mendukung aktivitas pengguna secara baik, mulai dari bermain game, mendengarkan musik, dan menonton video. 

Selain itu, karena memiliki layar yang tergolong besar, Lenovo sudah membekali Phab Plus dengan beberapa fitur tambahan untuk memudahkan pengguna dalam penggunaan satu tangan.

Jadi, pengguna dapat lebih leluasa untuk mengoperasikan layar dengan satu tangan. Namun untuk mendukung beberapa aktivitas, penggunaan dua tangan lebih disarankan. 

Sayangnya, untuk urusan kamera, Lenovo Phab Plus belum mampu memberikan hasil yang membanggakan. Namun, untuk sekadar kebutuhan media sosial atau dokumentasi momen-momen penting, Phab Plus masih dapat diandalkan. 

Dukungan jaringan 4G juga menjadi nilai tambah dari Phab Plus, ditambah juga dengan semakin banyak operator seluler yang sudah mengoperasikan layanan 4G. Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk mulai menggunakan perangkat tambahan dengan layar besar, Phab Plus layak dipertimbangkan. 

7 dari 7 halaman

Spesifikasi Lengkap

Spesifikasi Lengkap:

Ukuran Layar
6.8 Full HD (1920 x 1080) 326 ppi

Warna
Titanium Silver, Gunmetal Grey

Sistem Operasi 
Android v5.0 / Lolipop

Processor
Qualcomm MSM8939, 2 GB LPDDR3 RAM, 8 core, 64-bit, 1.5GHz

Memori 
RAM: 2 GB LPDDR3 RAM 
ROM: 32 GB, Micro SD: Hingga 64 GB

SIM
Slot ganda: Nano & Micro

Kapasitas Baterai
3500 mAh

Kamera 
Belakang: 13 MP auto-focus with dual LED flash
Depan: 5 MP 

Sensor 
Gravity / Proximity / Light / E-Compass / Vibration / Hall

Konektivitas
Wi-Fi
GPS
Bluetooth 4.0
Headphones 3.5mm
Micro USB 2.0
GPS / Glonass / Beidou

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini