Sukses

5 Smartphone yang Akan 'Unjuk Gigi' di 2016

Berikut 5 daftar smartphone berpotensi pencuri perhatian di kuartal pertama tahun depan

Liputan6.com, Jakarta - Mendekati akhir tahun, hampir dapat pasti dikatakan bahwa setiap vendor telah memperkenalkan seluruh lini smartphone-nya untuk tahun ini.

Dan untuk tahun depan, mereka dipastikan juga sudah mempersiapkan smartphone jagoannya dengan segala fitur terbaru dan keunggulan masing-masing.

Untuk itu, berikut kami berikan 5 daftar smartphone flagship yang mungkin akan pencuri perhatian Anda di kuartal pertama 2016, sebagaimana dikutip dari laman Phone Arena, Rabu (23/12/2015).

Namun, perlu diingat bahwa daftar ini sifatnya masih berupa prakiraan. Jadi, tidak tertutup kemungkinan akan terjadi perubahan.

Asus ZenFone 3

Kesuksesan Asus dengan ZenFone 2 membuat perusahaan ini menjadi salah satu vendor yang dinanti para pecinta smartphone. Dikenal memiliki fitur lengkap dengan harga terjangkau, menjadikan Asus sebagai vendor favorit.

Untuk tahun depan sendiri, perusahaan asal Tiongkok ini diyakini akan merilis penerus ZenFone 2 yang tergolong sukses di tahun ini. Berdasarkan informasi yang beredar, ZenFone selanjutnya akan mengusung nama ZenFone 3.



Asus mengungkap bahwa smartphone teranyarnya, Zenfone 2, akan siap memasuki pasar Indonesia pada 21 April 2015.

ZenFone 3 kemungkinan besar akan hadir dengan segmen yang sama dengan ZenFone 2, yakni mencakup high-end, mid-range, dan low-end. Untuk saat ini, tidak banyak informasi yang diketahui tentang dari spesifikasi dari smartphone ini.

Kendati demikian, smartphone ini disebut akan membawa beberapa fitur terbaru, salah satunya adalah kehadiran soket USB Tipe C. Kehadiran fitur ini jelas menjadi nilai lebih.

Bahkan, kabar terbaru menyebutkan bahwa ZenFone 3 akan menggunakan teknologi pemindai sidik jari. Rencananya Asus bakal merilis ZenFone 3 pada Mei atau Juni 2016.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

LG G5

Perusahaan asal Korea Selatan, LG, juga dipastikan kembali menghadirkan smartphone flagship terbarunya tahun depan. Smartphone yang diberi nama G5 ini dipastikan akan mengusung spesifikasi yang lebih mumpuni ketimbang G4.

Salah satu yang menarik perhatian adalah penggunaan chipset Qualcomm terbaru, Snapdragon 820. Ini jelas berbeda dengan G4 yang masih menggunakan chipset 808.


LG G4 (wccftech.com)

Selain itu, G5 juga dirumorkan akan dibekali dengan kamera belakang beresolusi 21MP dan kamera depan 8MP.

G5 juga dikabarkan akan memiliki layar 5,6 inci dengan bodi yang dibalut metal, sama seperti V10 atau LG Zero. Untuk prakiraan rilis, G5 disebut akan mulai diperkenalkan pada Februari 2016 bersaman dengan gelaran Mobile World Congress (MWC) 2016.

Samsung Galaxy S7

Smartphone terbaru dari Samsung ini memang sedang ramai dibicarakan. Bagaimana tidak, dari rumor yang beredar, Galaxy S7 diketahui akan hadir dengan spesifikasi yang cukup gahar.

Samsung Galaxy S7 (Phones Review)

Untuk chipset, Galaxy S7 akan menggunakan dua jenis prosesor (tergantung pasar) yakni Exynos 8890 dan Snapdragon 820. Tak hanya itu, Galaxy S7 juga akan menggunakan layar Super AMOLED Quad HD 5,2 inci.

Samsung juga dikabarkan akan membekali Galaxy S7 dengan slot microSD. Sebelumnya, Samsung tidak menghadirkan slot ini di Galaxy S6.

Fitur lain yang juga menarik perhatian adalah Galaxy S7 bakal disematkan fitur serupa 3D Touch milik Apple dan soket USB Tipe C.

Sama seperti LG, Samsung diperkirakan akan memperkenalkan Galaxy S7 saat gelaran MWC pada Februari 2016.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Sony Xperia Z6

Perusahaan asal Jepang ini memang selalu dipastikan akan merilis smartphone flagship setiap tahun. Dan di tahun depan, besar kemungkinan akan merilis Xperia Z6.

Dari beberapa informasi yang berhasil dihimpun, Xperia Z6 dipastikan memiliki spesifikasi lebih baik dari pendahulunya. Mulai dari penggunaan teknologi layar AMOLED sampai kemampuan daya tahan baterai yang lebih awet.

Meski belum jelas pasti akan dirilis, namun sudah beredar bocoran terkait fitur apa saja yang akan hadir di Xperia Z6. Apa saja?

Untuk kamera, Sony jelas akan menggunakan sensor kamera besutannya sendiri. Hanya saja, sampai saat ini belum diketahui berapa besar resolusi kamera yang akan disematkan di Xperia Z6.

Kendati demikian, Sony dikabarkan akan meningkatkan kecepatan fokus kamera untuk bisa menghasilkan gambar yang lebih tajam. Tak cukup sampai di situ, penerus Xperia Z5 ini pun disebut akan menggunakan teknologi serupa 3D Touch di layarnya.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Xiaomi M5

Kesuksesan Xiaomi mendobrak beberapa vendor besar patut diacungi jempol. Tidak butuh waktu lama untuk perusahaan asal Tiongkok ini melebarkan bisnisnya.

Kehadiran Mi 4 yang disebut sebagai smartphone flagship pertama Xiaomi ternyata mendapat respon yang sangat baik. Untuk itu, dalam rangka meneruskan sukses Mi 4, Xiaomi dikabarkan juga akan merilis smartphone flagship di tahun depan.

Xiaomi memilih nama Mi 5 untuk smartphone terbarunya tersebut. Dari informasi yang berhasil dihimpun, Mi 5 jelas akan hadir dengan spesifikasi yang jauh lebih matang dan lebih gahar dibanding Mi 4.

Apakah memang benar seri Xiaomi Mi 5 atau `Gemini` ini akan disokong prosesor Snapdragon 820?

Hal ini juga didukung dengan rumor yang menyebutkan bahwa Mi 5 akan menggunakan chipset Qualcomm terbaru, Snapdragon 820, dan dipadu RAM 4GB.

Kehadiran Mi 5 juga disebut menjadi cara Xiaomi untuk melepaskan label vendor dengan smartphone terjangkau. Sebab, dikabarkan Mi 5 akan dibanderol dengan harga sekitar Rp 7 juta.

Hal ini beralasan karena Mi 5 diketahui juga akan mendukung fitur pemindai sidik jari dan bahkan dikabarkan bakal memiliki layar 5,2 inci yang dilengkapi fitur serupa 3D Touch.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini