Telin Sabet Most Innovative Wholesaler di Ajang CWA

Oleh Iskandar pada 16 Des 2015, 11:30 WIB
Telin Sabet Most Innovative Wholesaler di Ajang CWA

Liputan6.com, Jakarta - Anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) yaitu PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin) yang berfokus pada bisnis telekomunikasi internasional, berhasil meraih penghargaan Most Innovative Wholesaler dalam ajang Carrier World Awards (CWA).

CWA diinisiasi oleh Total Telecom, anak perusahaan dari Terappin, penyelenggara kegiatan konferensi terkait dengan bisnis carrier telco yang sudah mendunia.

Penyerahan penghargaan dilakukan di London, Inggris, oleh Rob Chambers selaku Managing Director Total Telecom yang diterima oleh M. Saefurahman selaku Voices Service Manager dan Artha Tan selaku Marketing Communication Manager, mewakili Syarif Syarial Ahmad, CEO Telin.

Telin mengikuti ajang ini sebagai salah satu usaha untuk menjadi top of mind para global player sekaligus untuk meningkatkan citra Telin dan Telkom Group di industri telekomunikasi internasional.

Pada kesempatan ini, tim Telin dibawah pimpinan Natigor Sitorus selaku CMO, yang terdiri dari tim Marketing (Noor Mahmudah), tim Sales (Nyoto P), tim Inovasi (Henri Setiawan), dan Bernadus Wahyu, menyusun dan mengajukan dua kategori, yaitu Most Innovative Wholesaler dan Outstanding Partnership Initiative.

Mengutip laman Resmi Telin, Rabu (16/12/2015), untuk meraih penghargaan ini, Telin harus bersaing dengan 8 pemain wholesaler ternama di dunia yaitu BICS, TATA, NTT, Etisalat, IDT, Epsilon, DIDX, dan SSE Enterprise Telecom.

Penentuan pemenang dilakukan dengan dua tahapan penjurian. Tahap pertama penilaian dilakukan oleh tim juri dari CWA yang merupakan expertise dalam bidang telekomunikasi dan didukung oleh para pakar dari industri terkait, konsultan, dan perusahaan analisis para mitra dari CWA.

Para pakar tersebut melakukan riset terhadap industri telekomunikasi yang mengklarifikasi sekaligus menilai kegiatan terkait dari masing-masing peserta. Dari seleksi ini, ditentukanlah nominator untuk penjurian selanjutnya.

Penilaian tahap kedua yaitu melalui voting yang dilakukan oleh para global player yang merupakan para pelaku ekosistem industri telekomunikasi internasional. Peserta yang mendapat voting terbanyak dari para pelaku bisnis tersebut nantinya yang dinyatakan sebagai pemenang.

Pemberian Award ini menunjukan bahwa Telin telah diakui dan setara dengan Global Wholesaler terbaik didunia. Untuk diketahui, dalam materi Most Innovative Wholesaler, Telin mengajukan konsep baru dalam bisnis wholesale voice yang disebut “New Equilibrium”.

Konsep ini mereprofile model trafik existing melalui kolaborasi Organic to Organic (O2O) sehingga trafik dari masing-masing perusahaan dapat ditingkatkan. Skema yang diajukan adalah revenue cap, revenue commitment/volume commitment, attractive tiering base, bilateral accounting rates serta kerjasama deteksi dan minimasi grey route.

Telin lebih memprioritaskan dukungan bisnis retail dikedua belah pihak, sehingga partner dapat lebih fleksibel mengatur cost-nya, mengendalikan kualitas, dan kapasitas yang dimiliki serta perbaikan revenue assurance-nya.

Melalui implementasi inovasi tersebut, Telin berhasil meningkatkan pertumbuhan trafiknya menjadi 12,3 %, jauh di atas market yang hanya 3,3 %. Hal yang sama juga dinikmati oleh Partner terkait, yang bisa mencapai peningkatan growth sampai dengan 5 %.

Sebagai anak usaha Telkom yang mengelola bisnis telekomunikasi di luar negeri, bentuk bisnis yang dimasuki Telin beragam, mulai dari mobile virtual network operator (MVNO), BPO, operator seluler, hingga layanan pengiriman uang (remitansi).

(Isk/Cas)