Sukses

Google Kembangkan Smartwatch yang Bisa Deteksi Gula Darah

Cukup letakkan smartwatch ini di pergelangan tangan, pasien diabetes akan lebih mudah mendeteksi kadar glukosa secepat mungkin.

Liputan6.com, Jakarta - Jam tangan yang pada umumnya hanya dipakai untuk pengingat waktu, kini lebih memiliki fungsi yang luar biasa menarik dan membantu kesehatan tubuh manusia. 

Seiring kemajuan teknologi, terdapat perangkat yang bisa mendeteksi aliran darah dan denyut nadi pengguna tanpa bantuan alat medis. 

Terkini, Google tengah mengembangkan smartwatch yang dapat mendeteksi level glukosa atau kadar gula darah. Sebelumnya, jam tangan yang diluncurkan oleh Google hanya dapat mengirim dan menerima pesan serta menelepon dan menerima telepon.

Cukup letakkan smartwatch di pergelangan tangan, pasien diabetes akan lebih mudah mendeteksi kadar glukosa secepat mungkin tanpa harus repot mengunjungi dokter.

Teknologi ini baru saja diajukan patennya oleh Google, yang mana ke depannya dapat `menarik` darah tanpa menggunakan jarum - membantu pasien diabetes memonitor kadar glukosa mereka dengan lebih nyaman.

Dikutip dari laman Mirror, Selasa (15/12/2015), selain itu Google juga membuat alat yang dapat memonitoring level glukosa dengan bantuan smart contact lenses dan connected sensors.

Selain Google, Apple dengan pembaruan iOS 8.2 juga sempat mengembangkan fitur pencatat kadar gula darah di aplkasi Health. 

(Riz/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.