Sukses

Note 2, Smartphone 4G Infinix yang 'Tak Perlu' TKDN

`Perizinan dan pengapalan Infinix Note 2 sudah disetujui sebelum peraturan TKDN diberlakukan`

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan asal Hongkong, Infinix, kembali memboyong smartphone terbarunya ke Indonesia. Hadir sebagai smartphone yang mendukung 4G, Note 2 ternyata diketahui produk yang masuk 'tanpa' pengurusan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

Pengurusan dan perijinan yang sudah disetujui sebelum peraturan TKDN dilaksanakan disebut sebagai alasan Note 2 menjadi smartphone 4G pengecualian yang bisa dirilis tanpa memenuhi syarat masuknya smartphone 4G di Indonesia.

Peraturan tentang TKDN sendiri diberlakukan secara bertahap. Untuk tahun 2016, vendor diharuskan memiliki kandungan lokal sebesar 20 persen, termasuk software dan hardware. Dan di tahun 2017, diharapkan para vendor dapat memenuhi 30 persen. Jadi diketahui bahwa Note 2 sudah hadir di Indonesia sebelum disahkan peraturan tersebut, namun memang baru dipasarkan bulan ini.

"Perizinan dan pengapalan Infinix Note 2 sudah disetujui sebelum peraturan TKDN diberlakukan. Jadi Note 2 adalah produk pengecualian, sebab ketika itu peraturan belum berlaku" ujar Anis Thoha Manshur, Marketing Manager Infinix Indonesia saat ditemui tim Tekno Liputan6.com di Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Anis menambahkan, meskipun belum memenuhi persyaratan TKDN, namun Note 2 sudah memiliki software konten lokal yang juga masuk dalam perhitungan TKDN.

Kendati demikian, Infinix menegaskan bahwa pengurusan terkait peraturan tersebut akan terus dilakukan. Sebab, Indonesia disebut menjadi masuk rencana jangka panjang perusahaan asal Hongkong tersebut.

"Infinix pasti akan mengikuti peraturan terkait TKDN. Sebab, kita juga telah melakukan hal yang sama di negara-negara lain," ujar Marcia Sun, Country Manager Infinix Indonesia.

Terkait kemungkinan untuk memproduksi ponsel 4G di Indonesia ditambahkan bahwa saat ini Infinix masih melakukan penjajakan dengan 6 manufaktur di Tanah Air terkait masalah tersebut.

Tak hanya itu, Infinix pun serius menggarap pasar terkait layanan purna jual. Rencananya, di awal tahun depan Infinix akan membuka service center khusus dan kantor di Indonesia.

"Untuk service center, Infinix dipastikan akan membangunnya di Indonesia. Rencananya di kuartal pertama 2016, Infinix akan membuka service center di ITC Roxy Mas," pungkas Anis.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini