Sukses

XL Buka Fasilitas Data Center di Balikpapan

Data center di Balikpapan dibangun seluas 115 meter persegi, yang dapat menampung 14 rak.

Liputan6.com, Balikpapan - Sebagai operator seluler, XL Axiata tak hanya fokus menggelar jaringan telekomunikasi di Indonesia, tetapi juga solusi teknologi informasi (IT). Salah satunya adalah fasilitas data center untuk segmen pebisnis. 

Guna merespon kebutuhan penyimpanan data pebisnis di wilayah Kalimantan, XL baru saja meresmikan fasilitas data center di Balikpapan, Kamis (12/11/2015). 

Chief Digital Services XL, Ongki Kurniawan mengatakan Balikpapan bertransformasi menjadi kota industri yang semakin maju. Namun, Balikpapan termasuk dalam kawasan Cincin Api Pasifik (ring of fire) Indonesia, yang mana rentan akan gempa bumi dan letusan gunung berapi.

"Maka itu, XL memilih Balikpapan sebagai lokasi pembangunan data center selanjutnya, dan sebagai respon atas kebutuhan penyimpanan data berstandar internasional. Ini juga merupakan dukungan atas program pemerintah untuk membangun infrastruktur di Kalimantan," katanya dalam siaran pers kepada tim Tekno Liputan6.com.

Data Center baru ini, kata Ongki, mulai beroperasi secara penuh pada akhir 2015. XL akan membidik sektor perusahaan yang memiliki kebutuhan penyimpanan data dengan skala kecil. Selain itu, XL juga membidik kalangan instansi Pemerintah Daerah dan juga perguruan tinggi.

Perlu diketahui, data center di Balikpapan merupakan data center modular pertama di Kalimantan. XL mengungkap keunggulan fasilitas penyimpanan data ini, antara lain mempertahankan prinsip zero downtime, terletak di daerah khusus, dan tersedianya pasokan listrik yang cukup besar bagi pelanggan. 

Lanjutnya, XL membangun data center berkonsep modular di Balikpapan karena cocok dengan pasar di sana. Dari total area 661 meter persegi, XL baru membangun data center seluas 115 meter persegi, yang dapat menampung 14 rak. 

Saat ini, XL melalui XL Xcloud memiliki tiga data center yang berlokasi di Arengka (Pekanbaru), Bintaro (Jakarta), dan Kali Rungkut (Surabaya). Dengan tambahan data center di Balikpapan, XL telah memiliki lahan seluas 17.456 meter persegi dan ruang seluas 21.655 meter persegi. Saat ini XL telah melayani lebih dari 200 korporasi. 

Data center XL tercatat memiliki sertifikasi internasional ISO/IEC 27001 untuk Information Security Management, ISO/IEC 20000-1 untuk Information Technology Service Management, Uptime TIER III Design, dan juga dilengkapi dengan sertifikat nasional MAWAS ID yang dikeluarkan oleh lembaga lokal Cloud Security Identity yang terafiliasi dengan Universitas Indonesia.

(cas/dew)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.