Ericsson: Teknologi 5G Siap Digunakan di 2020

Oleh Agustinus Mario Damar pada 03 Nov 2015, 18:30 WIB
Diperbarui 03 Nov 2015, 18:30 WIB
Ericsson
Perbesar
(foto: itproportal.com

Liputan6.com, Jakarta - Kendati saat ini teknologi 5G masih dalam tahap pengembangan, Ericsson mengaku optimistis bahwa teknologi ini akan siap digunakan pada tahun 2020. Terlebih saat ini Ericsson menjadi bagian dari kelompok standarisasi teknologi 5G.

"Ericsson secara historis memang memiliki paten dari teknologi jaringan termasuk salah satunya dalam pengembangan teknologi 5G,” ungkap Hardyana Syintawati, Vice President Marketing dan Communications Ericsson Indonesia, saat ditemui di sela-sela Media Briefing Ericsson, Selasa (3/11/2015).

Ia juga mengungkapkan bahwa untuk saat ini teknologi 5G masih terus dalam proses standarisasi. Sebab, sebelum benar-benar siap dilepas sebuah teknologi harus memiliki standar yang sama. Oleh karena itu, Hardyana melihat bahwa teknologi ini baru-baru benar dapat disetujui pada 2020 oleh para pemangku kepentingan.

Hardyana juga mengungkapan salah satu perbedaan fundamental teknologi 5G menjadi salah satu keunggulan teknologi ini. "Teknologi 5G didesain untuk memenuhi semua kebutuhan yang mampu dipenuhi oleh teknologi jaringan sebelumnya,” tambahnya.

Lewat teknologi 5G, Hardyana mengungkapkan teknologi ini mampu memenuhi semua kebutuhan layanan data. Mulai dari streaming video berkualitas HD hingga kegiatan yang hanya membutuhkan konsumsi data sedikit.

Tidak hanya itu, Hardyana juga menyebutkan bahwa teknologi 5G mampu meningkatkan produktivitas, bukan menggunakan layanan data hanya untuk sekadar keperluan komunikasi.

Ericsson sendiri juga memperkirakan terdapat 26 miliar orang yang akan terkoneksi dengan teknologi 5G lewat layanan Internet of Things (IoT) pada 2020.

(dam/cas)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya