Sukses

Wikipedia Bahasa Inggris Tembus 5 Juta Artikel

Artikel ke-5 juta yang menggenapkan pencapaian ini adalah artikel tentang persoonia terminalis, semak belukar dari Australia.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah 15 tahun menyediakan materi-materi gratis dan melimpah, Wikipedia versi bahasa Inggris baru saja meraih pencapaian mengesankan: 5 juta artikel. Artikel ke-5 juta yang menggenapkan pencapaian ini adalah artikel tentang persoonia terminalis, semak belukar dari famili Proteaceae asli di Australia timur.

Menurut informasi yang dikutip dari blog resmi Wikimedia, Selasa (3/11/2015), artikel tersebut ditulis oleh Cas Liber. Ia merupakan editor berkebangsaan Australia yang telah menulis sekitar 1.500 artikel di Wikipedia versi bahasa Inggris dan menyunting lebih dari 140.000 kali.

Saat Liber ditanya, apa yang membuat Wikipedia spesial baginya, dia mengatakan bahwa di dunia yang dipenuhi dengan informasi. "Wikipedia memberikan kesempatan untuk memahami kekacauan," ujarnya.

Selain itu, lanjut Liber, Wikipedia menjadi jembatan besar antara informasi untuk orang awam, informasi ilmiah terperinci untuk penggemar dan profesional, serta mendidik pembaca yang tak terhitung banyaknya.

Terkait pencapaian ini, komunitas Wikipedia bahasa Inggris telah menulis sebuah pernyataan, yang mendesak para editor potensial untuk meningkatkan banyak artikel yang masih perlu diperbaiki dan diperluas di antara 5 juta artikel tersebut.

Pernyataan tersebut juga berisi berbagai sumber daya untuk editor baru, termasuk saran bagaimana untuk memulai, mendapatkan saran dari rekan sesama editor, dan tautan ke tutorial dan panduan tentang langkah permulaan penting dalam menyunting di Wikipedia.

Saat ini Wikipedia mencakup lebih banyak topik, perspektif, dan pandangan daripada ringkasan pengetahuan lain di planet ini. Ini adalah ensiklopedia terpanjang dalam sejarah dunia, bahkan melampaui 22.937 bab dan 40 meter kubik Ensiklopedia Yongle yang dibuat pada 1408.

(Why/Cas)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini