Sukses

Misteri Megastruktur Alien di Tata Surya, Benar atau Tidak?

Bintang tersebut dikelilingi oleh bangunan megastruktur yang disebut `Dyson Sphere`

Liputan6.com, San Francisco - Misteri tanda kehidupan di tata surya terus diusut oleh para ilmuwan. Seperti yang telah diwartakan sebelumnya, tim peneliti Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI) telah memulai studinya terkait ditemukannya tanda kehidupan tata surya berupa sebuah bintang aneh dengan pola tidak lazim.

Mereka bahkan tengah mempersiapkan teknologi dan peralatan komunikasi untuk mengusut lebih dalam bentuk bintang besar tersebut. Menurut informasi yang dilansir Mirror, Minggu (24/10/2015), mereka menduga bintang tersebut dikelilingi oleh bangunan megastruktur yang disebut `Dyson Sphere`.

Bangunan yang `mengemas` bintang ini memiliki bentuk anomali. Spekulasi bahwa megastruktur bintang itu buatan alien pun mencuat.

Keck AO H-band Image (Mirror)

Diungkap, bintang tersebut memiliki kode nama `KIC 8462852` dan memiliki jarak 1.480 tahun cahaya. Bintang megah ini telah dipantau oleh Teleskop Antariksa Kepler selama lebih dari empat tahun, sejak 2009.

Untuk saat ini, sebagai langkah lanjut untuk meneliti formasi bintang itu, para ilmuwan menggunakan rangkaian Teleskop Allen (Allen Telescope Array/ATA) yang merupakan sebuah teleskop radio yang dibangun sekitar 486 kilometer timur laut dari wilayah San Francisco, Amerika Serikat.

Teleskop Allen (Allen Telescope Array/ATA) yang merupakan sebuah teleskop radio yang dibangun sekitar 486 kilometer timur laut dari wilayah San Francisco, Amerika Serikat (Doc: Mirror)

"Mulai dari sekarang, kami akan mengusut bintang tersebut dengan Teleskop ATA," kata Seth Shostak, astronom senior di Institut SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence) di Mountain View, California, sebagaimana dikutip dari laman Space.

Di saat yang bersamaan, Jason Wright, astronom dari Penn State University sependapat dengan para ilmuwan lainnya. Ia mengatakan, bintang `megastruktur alien` tersebut memiliki sumber energi yang tidak bisa diperkirakan.

"Saya menduga bintang tersebut berukuran besar dan memancarkan energi yang begitu kuat, namun saya masih kurang yakin jika megastruktur yang mengelilingi bintang tersebut merupakan rancangan alien. Mereka seharusnya menjadi alternatif hipotesis terakhir di dalam penelitian ini," tuturnya.

Ia justru menjelaskan, penggambaran ilmiah terkait bintang besar tersebut. Bintang itu memiliki sumber astronomi radio (pulsar) yang berputar dan memancarkan level tertinggi radiasi, atau bisa dikategorikan ke bintang neutron, atau kategori bintang yang dapat menghasilkan gravitasi collapse setelah peristiwa supernova terjadi.

Benar atau tidaknya KIC 8462852 merupakan megastruktur bintang alien, hal tersebut masih diusut oleh para peneliti. Bagaimana menurut Anda? Apakah megastruktur ini benar adanya dirancang oleh para alien di luar angkasa sana?

(jek/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini