Sukses

Google Matikan Fitur Notification Center di Chrome Versi Desktop

Dianggap jarang digunakan, menjadi alasan Google untuk menghentikan fitur notification center di Chrome.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pengguna peramban Chrome versi desktop, beberapa diantaranya mungkin sudah mengenal fitur Notification Center yang disediakan Google di perambannya tersebut. Fitur ini biasanya berisi notifikasi dari aplikasi dan ekstensi yang dipasang di Chrome versi desktop.

Meskipun dirasa cukup membantu bagi sebagian orang, ternyata Google memilih untuk menghilangkan fitur Notification Center untuk Chrome versi desktop karena dianggap jarang digunakan oleh pengguna.

"Meskipun notification center dimaksudkan untuk mempermudah pengguna, namun pada kenyataannya hanya sedikit pengguna yang memanfaatkan fitur ini," ungkap Justin DeWitt, Software Engineer Google, seperti dikutip dari blog Google, Jumat (16/10/2015).

"Oleh karena itu, untuk membuat Chrome tetap sederhana, maka dirilisan berikutnya, fitur ini akan dihilangkan dari Chrome untuk Windows, Mac, dan Linux. Namun, untuk notification center di Chrome OS tetap akan dipertahankan," tambah Justin.

Perubahan ini juga akan dirasakan bagi pengembang aplikasi Chrome dan ekstensi peramban yang mengirimkan notifikasi ke pusat. Maka, notifikasi yang dikirim ke pusat hanya akan menghadirkan pesan error, bahkan application programming interface (API) yang sudah tersambung ke pusat tidak dapat mengeluarkan notifikasi.

Notification center sendiri bukan merupakan fitur baru untuk Google Chrome. Sebelumnya, tahun 2010 Google sudah memiliki fitur untuk pengembang aplikasi dan ekstensi yang memungkinkan pengguna untuk mendapat notifikasi langsung di desktop-nya.

(dam/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini