Sukses

NASA Garap Kendaraan yang Bisa Mendarat di Komet

Beberapa ilmuwan di NASA dikabarkan sedang mengembangkan kendaraan luar angkasa yang dapat mendarat di objek dengan permukaan kecil.

Liputan6.com, Jakarta - Usaha manusia untuk menjelajah luar angkasa masih akan terus berlanjut. Berbagai jenis teknologi terbaru pun terus dikembangkan agar dapat menjelajahi daerah-daerah baru yang belum terjamah.

Terkini, NASA dikabarkan tengah mengembangkan sebuah kendaraan luar angkasa yang dapat mendarat di tempat kecil seperti komet ataupun asteroid. Kendaraan robotik tersebut diharapkan dapat membantu para ilmuwan untuk mengumpulkan data dari beberapa objek kecil, serta mempelajarinya dari jarak dekat.

Dikutip dari laman Mashable, Masahiro Ono, ilmuwan dari NASA Jet Propulsion Laboratory mengungkapakan bahwa untuk dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain di luar angkasa tidaklah mudah. Oleh karena itu, kendaraan ini akan dilengkapi dengan tali tambatan dan seruit (harpoon) untuk dapat mengunjungi objek yang dituju.

"Prinsipnya hampir sama dengan memancing." jelas Ono. Jadi, untuk dapat mendarat kendaraan ini akan menembakkan seruit yang telah dipasang tali tambatan ke permukaan objek tujuan. Kemudian, setelah cukup kuat terkait dan disesuaikan dengan kecepatan, kendaraan ini dapat mendarat dengan perlahan ke permukaan komet atau asteroid.

Para ilmuwan di NASA saat ini masih terus mengusahakan pengembangan kendaraan taktis luar angkasa itu. Mereka kabarnya telah melakukan simulasi dengan superkomputer untuk mengetahui kemungkinan menggunakan tali tambatan, serta uji coba untuk menembakkan seruit (harpoon) ke permukaan komet.

(dam/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.