Sukses

Terbukti Terima Sogokan, 381 Akun Wikipedia ditutup

Dianggap tidak sesuai dengan ketentuan Wikipedia, 381 editor dan kontributor ditutup akunnya.

Liputan6.com, Jakarta - Wikipedia baru-baru ini telah menutup 381 akun yang dianggap menyalahi aturan. Ratusan akun tersebut ditutup setelah sebelumnya pihak Wikipedia melakukan investigasi selama beberapa minggu.

Hasilnya, terbukti bahwa akun-akun yang ditutup telah menerima uang suap dari pihak luar untuk menulis atau mempromosikan sesuatu di Wikipedia tanpa menyebutkan afiliasinya.

Hal tersebut tentu saja bertentangan dengan komitmen Wikipedia sebagai sumber referensi informasi yang akurat, dapat dipercaya, dan netral untuk semua orang.

Informasi yang dilansir laman Mashable, Kamis (3/9/2015) menyebutkan, kebanyakan dari artikel bermasalah yang dibuat oleh akun-akun penerima suap itu berkaitan dengan bisnis, pelaku bisnis, atau artis. Konten yang dimuat sendiri sangat jelas merupakan sebuah strategi promosi. Bahkan, beberapa dari artikel itu bias, alias berisi informasi yang tidak jelas, serta berpotensi melanggar hak cipta.

Beberapa dari pemilik akun yang ditutup juga merupakan editor internal Wikipedia. Sejak tahun lalu, Wikipedia sendiri telah memiliki peraturan bahwa editor yang mendapat bayaran harus memberitahukannya ke Wikipedia.

Penutupan akun Wikipedia ini bukan terjadi kali pertama. Pada tahun 2013 lalu, ada lebih dari 250 akun yang ditutup setelah dilaporkan menerima bayaran untuk menulis artikel bagi sebuah agensi hubungan masyarakat.

(dam/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini