Sukses

Ini Cara Baidu Gandeng Developer Lokal Mejeng di MoboMarket

MoboMarket merupakan toko aplikasi lokal yang memang dirancang khusus untuk pasar Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - MoboMarket merupakan toko aplikasi yang menghadirkan deretan konten aplikasi dan game lokal yang dikembangkan oleh Baidu, dan hadir di Indonesia sejak pertengahan tahun 2014 lalu.

Pada gelaran China-Indonesia Mobile Game Conference 2015. Baidu mengungkap bahwa MoboMarket memiliki perbedaan mencolok yang mampu menarik banyak developer aplikasi dan game Tanah Air untuk menghadirkan karyanya di toko aplikasi besutan perusahaan asal Tiongkok itu.

Bao Jianlei, Director Baidu Indonesia mengatakan bahwa MoboMarket merupakan toko aplikasi lokal yang memang dirancang khusus untuk pasar Indonesia. MoboMarket pun memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh toko aplikasi lain yang hadir di perangkat iOS dan Android.

"Sistem localization hadir di MoboMarket bagi para developer agar bisa 'melokalkan' konten aplikasi besutannya. Selain itu, hal menarik yang sangat distinct dari toko aplikasi kami adalah dengan menggunakan bahasa Indonesia dan tampilan antarmuka yang atraktif dan user friendly," kata pria yang akrab disapa Bob tersebut ketika ditemui di sela acara China-Indonesia Mobile Game Conference, Hotel Century Park Jakarta, Rabu (26/8/2015).

Selain itu, Bob juga menjelaskan dari sisi konsumen bahwa MoboMarket memiliki sistem registrasi yang sangat mudah, tidak perlu menggunakan email. "Kalau toko aplikasi lain kan memang harus daftar pakai email terlebih dahulu, namun para konsumen MoboMarket tak perlu lagi repot-repot mendaftar lewat email," lanjutnya.

Ditambahkan Bob, MoboMarket juga memiliki banyak campaign aplikasi yang dijalankan berdasarkan dari behavior pengguna di Indonesia, sehingga menjadikan aplikasi yang hadir di MoboMarket dinilai 'sangat Indonesia'.

"Selain mengadakan campaign aplikasi, kami memiliki standar ketika menggolongkan aplikasi besutan developer lokal yang hadir di MoboMarket. Dengan melakukan kurasi aplikasi berdasarkan current trend yang terjadi di Indonesia (contohnya momen Idul Fitri), tentunya akan memudahkan konsumen agar bisa menyortir aplikasi yang diinginkan ketika hendak diunduh," terang Bob.

Tak berhenti sampai disitu, Bob pun menggarisbawahi bahwa MoboMarket juga tidak ingin melupakan isu pembayaran. Agar lebih praktis, MoboMarket turut menghadirkan metode pembayaran non kredit yang lebih mudah mengingat penetrasi kartu kredit Indonesia masih sangat jauh.

"Didukung oleh tim operasional dan sumber daya lokal yang kuat, kami akan terus berupaya untuk menghadirkan toko aplikasi yang terbaik bagi para pengguna dan pengembang aplikasi. Khusus bagi para pengembang aplikasi, kami akan sediakan user reward program dan menyediakan benefit khusus agar dapat lebih leluasa 'bergerak' di MoboMarket," tutup Bob.

(jek/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.