Sukses

Alam Semesta Diperkirakan Mulai Sekarat

Penelitian yang dilakukan beberapa astronom ini mengindikasikan bahwa alam semesta tidak abadi.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah penelitian terbaru dari beberapa astronom telah berhasil mengungkapkan bahwa alam semesta mulai melemah. Hal ini berhasil diungkap setelah kajian terhadap lebih dari 200.000 galaksi.

Berdasarkan hasil penelitian, alam semesta sekarang menghasilkan energi lebih sedikit dibandingkan yang mampu dilakukannya 2 miliar tahun lalu. Alam semesta secara perlahan mulai sekarat dan berkurang energinya.

Penelitian yang dilakukan oleh sejumlah tim peneliti ini menggunakan beberapa teleskop terkuat di bumi untuk mempelajari banyak galaksi, sekaligus menggunakan panjang gelombang dari infra merah sampai ultraviolet untuk mengukur banyaknya energi yang keluar.

Hasil perhitungan yang mereka lakukan berhasil menemukan bahwa sinar yang dihasilkan alam semesta di panjang gelombang tersebut lambat laun melemah.

Dilansir dari Tech Times, Sabtu (15/8/2015), peneliti dari NASA Ames Research Center, Mehmet Alpasian, mengatakan bahwa galaksi terbaru mengeluarkan energi yang lebih sedikit dibandingkan energi yang dihasilkan beberapa waktu lalu.

"Dengan lebih cepatnya bintang tua menghilang dibandingkan kelahiran bintang baru, maka alam semesta akan menjadi tempat yang dingin dan sangat gelap," jelas Mehmet.

Perhitungan yang dilakukan menunjukkan penurunan yang cukup signifikan sejak 2,25 miliar tahun sampai 75 miliar tahun yang lalu. Diperkirakan energi yang dikeluarkan alam semesta turun sampai 40 persen.

Meskipun demikian, perhitungan untuk terjadinya peristiwa tersebut masih lama. Diperkirakan peristiwa itu baru akan dapat terjadi kira-kira ratusan miliar tahun yang akan datang. Selain itu, penelitian ini juga berhasil mengindikasikan bahwa meski alam semesta memiliki jangka hidup yang panjang, namun tetap terbatas. 

(dam/isk).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini