Sukses

Idul Fitri 2015, Trafik Data Tri Naik 126%

Hari Raya Idul Fitri selalu diwarnai dengan peningkatan trafik jaringan operator GSM 3 (Tri).

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri selalu diwarnai dengan peningkatan trafik jaringan operator GSM 3 (Tri). Untuk Lebaran tahun ini, terjadi lonjakan layanan data yang signifikan sebesar 126 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Tri pun mengklaim mampu melayani pelanggan tanpa kendala berarti selama momen Lebaran. Selain data, layanan voice (suara) dan SMS juga mengalami peningkatan.

Trafik data mengalami lonjakan 22 persen, dibandingkan trafik hari biasa atau 126 persen dibandingkan Lebaran tahun lalu. Meskipun banyak orang mulai menggunakan pesan OTT yang memberikan kontribusi terhadap peningkatan signifikan trafik data, trafik SMS dan suara masih meningkat masing-masing sebesar 12 persen dan 3 persen dibandingkan tahun lalu.

Peningkatan trafik perlahan menurun tepat di hari Lebaran. Berdasarkan pola trafik tahun lalu, peningkatan trafik akan kembali terjadi pada beberapa hari kemudian. Peningkatan trafik terjadi di kota-kota kunjungan mudik di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera.

"Menjelang Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, Tri telah mempersiapkan seluruh infrastruktur dan kapasitas jaringan agar pelanggan dapat dengan nyaman berkomunikasi, khususnya di kota-kota yang menjadi tujuan mudik dan wisata," tulis Tri dalam keterangan resminya, Minggu (19/7/2015).

Untuk layanan data, Tri telah meningkatkan kapasitas jaringan agar mampu menampung lonjakan trafik data hingga 30 persen. Sementara untuk layanan telepon dan SMS, jaringan Tri mampu menampung lonjakan trafik hingga 300 persen.

Untuk hari biasa diluar Ramadan, trafik data yang ditampung oleh jaringan Tri mencapai lebih dari 1.200 TB (Terabyte) per hari. Tri juga telah melakukan peningkatan kualitas jaringan di sepanjang jalur Pantura, jalur selatan dan jalur penghubung lainnya. Sementara itu, untuk antisipasi lonjakan trafik saat puncak mudik, peningkatan kapasitas juga telah dilakukan di ruang dan fasilitas umum seperti terminal dan pelabuhan, bandara udara, serta stasiun kereta api. Peningkatan kapasitas jaringan juga didukung oleh penambahan 20 mobile BTS disepanjang jalur mudik di pulau Jawa.

Tri telah memperluas cakupan jaringan secara nasional, yang diperkuat oleh 37.676 unit BTS yang terdiri atas 17.069 BTS 3G dan 20.607 BTS 2G (per Q1 2015) yang telah LTE ready. Sinyal Tri telah melayani 86 persen penduduk Indonesia dan dinikmati oleh 54, 8 juta pelanggannya (per Q1 2015) dengan 52 persen diantaranya adalah pelanggan data bergerak.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.