Sukses

Serunya Memotret saat Libur Lebaran

Bagi yang tak ingin kehilangan momen spesial, termasuk saat Lebaran, tips berikut bisa jadi pertimbangan.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri 2015 akan segera tiba, artinya libur lebaran pun tengah menanti. Salah satu kegiatan yang sering dilakukan saat Lebaran adalah mengabadikan momen-momen istimewa dalam bidikan kamera.

Liburan adalah kesempatan baik untuk menghasillkan berbagai foto-foto penuh kenangan, termasuk saat Lebaran. Pasalnya, banyak orang ingin mendapatkan foto-foto istimewa, baik foto diri sendiri atau bersama keluarga dan teman-teman. 

Bagi yang tidak ingin kehilangan momen spesial saat berlibur, termasuk di momen Lebaran, sejumlah tips berikut bisa menjadi pertimbangan, seperti yang dilansir berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Abadikan momen bersama

Memang tidak ada salahnya berfoto narsis. Namun juga akan terasa istimewa jika mengabadikan berbagai momen istimewa dalam bidikan kamera secara diam-diam.

Anda bisa memotret saat para anggota keluarga sedang melakukan aktivitas seperti bercanda, berbicara atau membuka hadiah, tanpa mereka sadari.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya jangan menggunakan flash saat berada di dalam ruangan dan lebih baik menyesuaikan ISO kamera.

Selain itu, Anda juga bisa membuat suasana ceria dengan mengajak orang-orang untuk berfoto bersama. Biasanya hal ini mudah dilakukan jika selalu membawa kamera kemanapun Anda pergi.

3 dari 5 halaman

2. Jangan ragu saat memotret

Hal ini harus dilakukan, terutama saat yang menjadi objek foto adalah anak kecil. Salah satu kegiatan mereka yang menarik untuk difoto yaitu saat bermain. Sebaiknya lakukan secara diam-diam karena dalam hitungan detik, momen bisa berubah.

Kesigapan Anda tidak hanya dibutuhkan saat memotret anak kecil. Mendapapatkan foto bagus dari momen istimewa adalah hasil dari kerja keras. Jadi pastikan baterai kamera selalu terisi, jika tak ingin ketinggalan momen berharga.

4 dari 5 halaman

3. Bebas berekspresi

Liburan adalah saatnya bagi Anda untuk berkreasi menghasilkan beragam jenis foto. Misalnya, menghasilkan foto dengan berbagai efek.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan beragam jenis lensa kamera.

5 dari 5 halaman

4. Tahu kapan harus 'beristirahat'

Tips keempat ini mungkin terlihat bertolak belakang dengan judul artikel. Tapi yang harus diingat, masa liburan tidak harus dihabiskan untuk memotret tanpa menikmati momen istimewa itu sendiri.

Jadi ada kalanya Anda harus tahu kapan harus 'irit' saat memotret. Lebih baik mengambil lebih sedikit foto, daripada ratusan foto dengan adegan yang sama.

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.