Sukses

Apple Watch Paksa Brand Jam Tangan Mewah Banting Harga

Ekspor jam tangan mewah turun 8,9 persen menjadi 1,71 miliar franc pada bulan Mei.

Liputan6.com, Jakarta - Eksistensi Apple Watch mulai membuat resah pra produsen jam tangan mewah. Menurut yang dilaporkan laman Digital Trends, jumlah ekspor jam tangan mewah besutan sejumlah produsen asal Swiss mengalami penurunan paling rendah dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan ekspor jam tangan cerdas besutan Apple yang terus meningkat sejak perilisannya beberapa bulan lalu.

Lebih jauh dipaparkan oleh Federation of the Swiss Watch Industry (FSWI), ekspor jam tangan mewah turun 8,9 persen menjadi 1,71 miliar franc pada bulan Mei. Angka tersebut adalah yang terendah sejak November 2009 silam.

Menguatnya mata uang franc terhadap Euro juga diyakini menjadi salah satu penyebab utama menurunnya angka ekspor jam tangan mewah asal Swiss.

"Ekspor jam tangan ke Amerika Serikat terkena dampak negatif dari peluncuran Apple Watch," ujar Patrik Schwendimann, analis dari Zuercher Kantonalbank Swiss seperti yang dikutip dari laman Bloomberg, Senin (22/6/2015).

Pada Mei kemarin, jelas Patrik, ekspor jam tangan mewah ke AS turun 14 persen, sementara di Hong Kong turun 34 persen. Hal ini memaksa sejumlah produsen untuk menyesuaikan harga jual jam tangan mewah mereka di pasaran menjadi lebih murah.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini