Smartphone Berfitur Pemindai Telinga Bakal Hadir

Oleh Jeko I. R. pada 21 Jun 2015, 15:08 WIB
Diperbarui 21 Jun 2015, 15:08 WIB
Amazon Buat Teknologi Smartphone Berpemindai Telinga

Liputan6.com, Jakarta - Bicara soal keamanan smartphone, solusi yang paling tepat adalah mengunci smartphone Anda agar tidak tersentuh tangan-tangan jahil. 

Untuk membukanya kembali, banyak cara yang dapat dilakukan agar dapat meng-unlock smartphone Anda. 

Anda dapat unlock smartphone dengan passcode, pattern, atau pun dengan teknologi unlock yang pada saat ini sedang gencar berkembang seperti fingerprint scanning, iris scanning (unlock smartphone dengan mata), dan facial scanning (unlock smartphone dengan tekstur muka).

Namun, rupanya terobosan unlock smartphone terbaru sedang diusung oleh Amazon. Laman Ubergizmo, yang dikutip Minggu (21/6/2015) melansir bahwa Amazon sedang mengembangkan fitur teknologi keamanan terbaru dimana pengguna nantinya dapat menggunakan tekstur telinganya untuk meng-unlock smartphone. Terdengar begitu unik untuk sebuah cara meng-unlock perangkat smartphone.

Amazon mengungkap, rupanya setiap manusia memiliki bentuk telinga yang berbeda-beda. Ini artinya, setiap orang mampu menggunakan fitur ini karena dijamin orang lain tidak akan dapat meng-unlock smartphone Anda lantaran memiliki bentuk telinga yang tidak sama.

Tak hanya berfokus di bidang keamanan, Amazon pun akan menggunakan teknologi "Ear Scan Unlocking" ini ketika smartphone Anda berdering menerima panggilan.

Jika smartphone Anda menerima panggilan, risiko orang lain untuk mengangkat panggilan begitu besar dan mudah. Namun, jika teknologi ini diterapkan, orang lain tidak akan bisa mengangkat smartphone Anda lantaran harus scan telinganya terlebih dahulu.

Bagaimana menurut Anda, apakah teknologi ini menjadi salah satu terobosan yang efisien selain unlock smartphone dengan menggunakan fingerprint, mata ataupun bentuk wajah? (jek/dew)