Sukses

5 Aplikasi Streaming Musik Favorit Anak Muda

Berikut daftar 5 aplikasi streaming musik favorit anak muda yang sering digunakan, simak ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Di era digital saat ini, mendengarkan musik tidaklah sesulit di zaman dulu. Dahulu, mungkin tidak pernah terbesit sama sekali di pikiran bahwa Anda bisa mendengarkan musik tanpa memakai kaset ataupun CD (compact disc) seperti sekarang ini.

Musik memang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Namun, cara mendengarkannya saja yang sudah berubah total dan menjadi lebih praktis.

Mungkin Anda pernah merasakan bagaimana sulitnya mencari lagu favorit, sehingga Anda harus setia mendengar radio sampai larut malam menunggu lagu tersebut diputar, ataupun pergi ke toko kaset dan mencari album yang Anda inginkan di setiap rak kaset dengan jumlah yang begitu banyak.

Kini, Anda tidak perlu lagi merasakan hal tersebut, karena dengan hadirnya layanan streaming musik di internet, pengalaman mendengarkan musik menjadi lebih mudah dan begitu praktis.

Merangkum berbagai sumber, terdapat lima aplikasi layanan streaming musik yang sangat digandrungi oleh penggunanya, khususnya anak muda.

Aplikasi streaming musik ini tak hanya memudahkan Anda mencari lalu mendengarkan lagu yang diinginkan, namun juga memungkinkan Anda membuat kumpulan mix lagu menjadi satu playlist di akun streaming Anda sehingga tidak usah repot-repot mencari lagu tersebut.

Bahkan, Anda pun dapat merekam suara Anda sendiri dan dapat membuat lagu sehingga nantinya dapat diunggah dan dilihat banyak orang. Yuk, kita lihat apa saja aplikasi streaming musik tersebut. Simak ulasannya berikut ini.

>>> Selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5

5. MixRadio

MixRadio merupakan aplikasi layanan streaming musik yang baru saja mendarat di Indonesia. Aplikasi ini sudah tersedia secara gratis di platform iOS dan Android. Untuk menikmati lagu yang diinginkan di aplikasi ini, terdapat tiga cara yang dapat diakses, yakni My Mix, Kurasi Mix, dan Offline.

My Mix menghadirkan sebuah rangkuman musik yang sangat personal dengan satu sentuhan tombol. Semakin sering Anda berinteraksi dengan memilih pilihan `lewatkan`, `suka`, `tidak suka` dan `tambahkan artis sebagai favorit`, maka semakin banyak rekomendasi lagu yang Anda inginkan secara langsung dari MixRadio.

Kurasi Mix merupakan rangkuman playlist rekomendasi yang didesain khusus sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan. MixRadio memiliki ribuan kurasi mix untuk Anda pilih.

Sedangkan, mode Offline merupakan sebuah mode dimana Anda dapat mendengarkan playlist mix yang tersaji secara offline, sehingga Anda dapat mendengarkan musik dimanapun dan tidak tersedot konsumsi data yang berlebihan.

>>> Selanjutnya

3 dari 6 halaman

4

4. Google Play Music

Google Play Music merupakan layanan streaming musik yang tersedia tak hanya untuk perangkat Android, namun juga untuk iOS. Aplikasi garapan Google ini rupanya tidak hanya menghadirkan jutaan lagu yang Anda inginkan, namun Anda dapat mengoleksi jumlah lagu sampai dengan 50,000 di koleksi playlist Anda.

Aplikasi ini pun hadir dengan antarmuka yang sederhana namun tetap tampil manis dan menarik. Jika Anda memang mencari storage khusus untuk menyimpan musik Anda secara online layaknya penyimpanan Cloud, aplikasi ini bisa menjadi salah satu alternatif yang cocok.

>>> Selanjutnya

4 dari 6 halaman

3

3. SoundCloud

SoundCloud merupakan aplikasi layanan streaming yang tidak hanya mengandalkan fitur streaming musiknya saja, namun juga menjadi salah satu aplikasi `social sound platform` terdepan, dimana para penggunanya bisa berkarya dan membuat lagu sendiri, hingga mengunggahnya di akun resmi SoundCloud pribadinya.

Cara untuk mengunggah lagu Anda pun begitu gampang. Cukup gunakan perangkat smartphone Anda, buka aplikasi SoundCloud, lalu pilih record dan upload ke akun pribadi Anda.

Nantinya, followers Anda dapat mengomentari karya secara detil. Contohnya di detik kesekian, mereka dapat memberikan komentar tentang lagu yang Anda nyanyikan.

SoundCloud memungkinkan Anda mengumpulkan lagu-lagu favorit di sebuah mix playlist yang dapat Anda buat, sehingga kumpulan lagu favorit dapat diikuti teman-teman Anda.

>>> Selanjutnya

5 dari 6 halaman

2

2. 8Tracks

8Tracks merupakan layanan streaming musik yang cocok bagi Anda yang moody. Ya, keunggulan aplikasi ini adalah dapat memberikan rekomendasi lagu sesuai dengan pilihan atau bahkan suasana hati Anda.

Bahkan, koleksi lagu yang dihadirkan bervariasi mulai dari lagu yang tidak akan Anda kenal sampai lagu yang begitu mainstream.

Anda pun dapat melakukan `kurasi` lagu-lagu favorit ke sebuah playlist yang Anda buat. Aplikasi ini cocok bagi Anda yang lebih memilih lagu sebagai sebuah sarana `personal branding` atau aktualisasi diri. Dengan kata lain, orang dapat menilai diri Anda berdasarkan playlist lagu yang Anda buat di akun 8Tracks.

>>> Selanjutnya

6 dari 6 halaman

1

1. Spotify

Spotify menjadi salah satu aplikasi streaming musik terpopuler sampai saat ini. Terang saja, aplikasi ini menghadirkan serangkaian penawaran ekslusif dengan variasi lagu yang menarik dan up to date sampai lebih dari 30 juta lagu.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur playback dan shuffle untuk setiap musik yang didengarkan.

Tak hanya itu, Spotify bahkan selalu menghadirkan deretan musik terbaru lebih dulu dari layanan streaming musik sebelumnya. Bahkan, beberapa lagu juga dapat dibeli dengan harga yang dibanderol ataupun secara gratis.

(jek/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.