Sukses

Kebocoran Gas Berbahaya Hebohkan Kantor Apple

Fasilitas data center Apple di Maiden sendiri merupakan yang kedua terbesar di wilayah timur Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah kejadian berbahaya meneror salah satu kantor Apple. Dilaporkan stasiun TV WSOC, telah terjadi kebocoran gas klorin di fasilitas pusat data Apple yang terletak di Startown Road, Maiden, Carolina Utara.

Kebocoran zat kimia berbahaya itu terjadi pada Senin (1/6/2015), dan tercatat ada lima orang karyawan yang harus dilarikan ke Catawba Valley Medical Center. Mereka diduga telah menghirup gas klorin tersebut dan berpotensi mengalami sesak napas, bahkan dapat meregang nyawa. 

Menurut yang dilansir laman The Register, Rabu (3/6/2015), zat klorin bila didinginkan akan berbentuk cairan dan umumnya digunakan untuk cairan pendingin pada sebuah mesin. Namun jika klorin terlepas ke udara, ia akan berubah menjadi gas berbahaya bagi mahluk hidup.

Fasilitas data center Apple di Maiden sendiri merupakan yang kedua terbesar di wilayah timur Amerika Serikat. Fasilitas ini memiliki total luas area mencapai 505 ribu kaki persegi. Apple diperkirakan menanamkan investasi sebesar US$ 1 miliar untuk fasilitas ini.

Sebelumnya, kantor data center terbesar Apple yang berlokasi di Mesa, Arizona, juga mengalami musibah. Pada Rabu (27/5/2015), kantor tersebut mengalami kebakaran besar.

Menurut laporan stasiun berita lokal ABC 15, api yang melahap sebagian gedung data center itu pertama kali muncul dari fasilitas panel tenaga surya yang terletak di bagian atap gedung.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.