Sukses

10 Negara dengan Akses Internet Paling Kencang di Dunia

Sebuah riset mengungkap negara mana saja yang beruntung karena warganya mendapatkan akses internet cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Internet membuat orang dengan mudah bisa mengakses berbagai informasi dari seluruh dunia hanya menggunakan komputer, tablet atau perangkat gadget lainnya. Kemudahan itu akan sangat mudah tersaji bila akses internetnya memadai.

Akan tetapi, semua kemudahan itu hanya akan menjadi mimpi belaka bila akses internet yang tersedia sangat lambat hingga membuat pengguna harus menunggu lama untuk membuka website, mengalami buffer saat menonton video dan melakukan download file yang seakan-akan tak berujung.

Penyedia layanan cloud, Akamai Technologies, kembali mengungkap hasil riset terbarunya seputar akses internet di seluruh dunia hingga kuartal akhir 2014 lalu. Dalam laporannya, Akamai mengungkap negara mana saja yang sangat beruntung karena warganya sudah merasakan akses internet cepat.

Berikut daftar negara dengan koneksi internet paling cepat, sebagaimana dilansir Business Insider dan ditulis Selasa (19/5/2015). 

#10 Finlandia
Kecepatan internet rata-rata di kampung halaman Nokia itu sekitar 12,1 Mbps. Kecepatan yang disajikan di negeri itu meningkat sekitar 33% daripada yang tersedia pada tahun lalu.

#9 Republik Ceko
Kecepatan rata-rata akses internet pada negara yang berada di Eropa Tengah ini sekitar 12,3 Mbps. Kecepatan rata-rata itu meningkat sebesar 8,4% daripada rata-rata kecepatan akses di tahun sebelumnya.

#8 Irlandia
Rata-rata kecepatan internet di Irlandia mencapai 12,7 Mbps. Kemampuan rata-rata akses internet yang hadir di tengah masyarakat negara Irlandia tersbeut meningkat 24% dari tahun sebelumnya, cukup signifikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next

#7 Republik Latvia
Kecepatan akses internet rata-rata di negara Reublik ini ialan 13 Mbps.  Negara di kawasan Baltik ini berhasil meningkatkan kecepatan akses internetnya sebesar 25% dari tahun lalu.

#6 Belanda
Penduduk yang tinggal di negara dengan tinggi pulau bawah permukaan laut itu dapat menikmati akses internet rata-rata 14,2 Mbps. Negeri kincir angin tersebut menaikkan kecepatan rata-rata internetnya sebesar 15% dibanding tahun kemarin.

#5 Swiss
Internet di Swiss telah mencapai angka rata-rata 14,5 Mbps. Kecepatan akses internet di negara dengan penduduk sebanyak 8 jutaan jiwa itu meningkat sebesar 21% daripada tahun lalu.

#4 Swedia
Swedia memiliki akses internet rata-rata berkecepatan 14,6 Mbps. Kampung halaman perusahan penyedia solusi komunikasi Ericsson itu berhasil meningkatkan kecepatan rata-rata aksesnya sebesar 34% daripada tahun sebelumnya.

3 dari 3 halaman

Next

#3 Jepang
Di Jepang, masyakaratnya sudah bisa mendapat internet dengan kecepatan rata-rata 15,2 Mbps. Negeri Matahari Terbit itu meningkatkan kecepatan rata-rata akses internet di negaranya sebesar 16% ketika dibanding tahun lalu.

#2 Hong Kong
Hong Kong memiliki kecepatan rata-rata akses 16,8 Mbps. Negara kecil yang menjadi bagian dari China itu berhasil meningkatkan kecepatan akses internetnya hingga 37% dibanding tahun kemarin.

#1 Korea Selatan
Negara ini sudah sejak beberapa waktu terakhir dinobatkan sebagai negara dengan akses internet paling kencang di dunia. Sekarang rata-rata kecepatan akses di Korea Selatan mencapai 22,2 Mbps yang tercatat mengalami peningkatan sebesar 1,6% dibanding tahun lalu.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini