Sukses

Selamat Hari Raya Kartini jadi Trending Topic Dunia

Sejak pagi tadi, ucapan `Selamat Hari Raya Kartini` menjadi trending topic dunia di Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh masyarakat Indonesia, Selasa (21/4/2014), menyambut Hari Kartini dengan suka cita. Tak hanya di kota-kota besar, perayaan hari spesial ini juga digelar di sejumlah kota kecil.

Bukan itu saja, dunia maya juga dipilih masyarakat Indonesia untuk mengungkapnya kebanggannya dalam menyambut Hari Kartini. Menurut pantauan tim Tekno Liputan6.com, sejak pagi tadi, ucapan `Selamat Hari Raya Kartini` menjadi trending topic dunia di Twitter.

Banyak warga Twitter yang men-tweet susunan kata-kata indah dalam mengapresiasikan perjuangan dan jasa-jasa pahlawan nasional, Raden Ajeng Kartini.

"Selamat Hari Kartini. Be Brave, Be Independent, Be Smart, and Be Gorgeous!!! #HariKartini," tulis pemilik akun ‏@rurrYeahh.

"Selamat Hari Kartini. Stay cool and be a wonderful woman in life as always," kicau ‏@R_AninJKT48 di akun Twitter miliknya.

Hari Kartini (twitter.com)

Tak hanya perempuan, banyak juga pria yang mengucapkan Selamat Hari Kartini. "Selamat Hari Kartini. I may not be her great fan, but many women spirit that should be appreciated need a special day to be appreciated," tulis "@hkomandangi.

Selain di media sosial Twitter, netizen juga mem-posting sejumlah foto bertema Hari Kartini di media sosial lainnya, seperti Instagram dan Path.

Sekilas Tentang RA Kartini

RA Ajeng Kartini lahir di Jepara Jawa Tengah pada 21 April 1879 di lingkungan keluarga bangsawan. Dalam perkembangannya, RA Kartini kemudian menjadi seorang feminis terkemuka di Indonesia.

Ide-ide besarnya telah mampu menggerakkan dan mengilhami perjuangan kaum perempuan dari kebodohan yang tidak disadari pada masa lalu. Dengan keberanian dan pengorbanan yang tulus, ia mampu menggugah kaumnya dari belenggu diskriminasi.

Pada tahun 1964, Presiden Soekarno kemudian menetapkannya sebagai pahlawan nasional dan pada 21 April ditetapkan sebagai Hari Kartini yang dirayakan di seluruh penjuru Tanah Air

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini