Sukses

OJK Minta Menkominfo Blokir 20 Situs Investasi Ilegal MMM

Sedikitnya, OJK mengusulkan kepada Menkominfo untuk memblokir 20 situs MMM, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa keuangan (OJK) meminta kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk memblokir situs permainan uang Mavrodi Mondial Moneybox (MMM) Indonesia.

Melalui keterangan resmi yang kami terima, Sabtu (18/4/2015), langkah ini dilakukan OJK setelah melalui proses kajian yang dibahas dalam Panel Investasi Ilegal, Penipuan, Obat Makanan, Perjudian, dan Narkoba.

Sedikitnya, Panel mengusulkan kepada Menkominfo untuk memblokir 20 situs MMM, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. indonesia-mmm.net
2. mmmindonesialegal.com
3. klikmmm.com
4. websupportmmm.com
5. bisniswavro.com
6. mmmindonesiaclub.com
7. mmmindonesian.com
8. bisnis3m.com
9. mmmindonesia1.com
10. mmmlovers.com
11. mmmindo.com
12. lk.sergey-mavrodi.com
13. lk.sergey-mavrodi-mmm.org
14. mmmcommunity.net
15. mmmindonesia9.com
16. mmm-dotinfo.com
17. mmmincome.com
18. 2012.sergey-mavrody.ms
19. 2012.sergey-mavrody-mmm.net
20. 2012.sergeymavrody.com

Pertimbangan yang mendasari usulan pemblokiran 20 situs tersebut adalah karena situs-situs MMM itu tidak memiliki badan hukum serta domisili hukum yang menyelenggrakan transaksi elektronik, tidak memiliki struktur organisasi yang jelas, dan adanya pernyataan kekhawatiran masyarakat terhadap dana yang digunakan untuk mengikuti MMM.

MMM sendiri adalah aktivitas investasi ilegal yang dilakukan oleh sebuah organisasi bernama Mavrodi Mondial Moneybox atau yang biasa dikenal Manusia Membantu Manusia. OJK sudah memberikan peringatan bahwa permainan uang investasi ini sangat berpotensi menimbulkan kerugian.

Saat tim Tekno Liputan6.com ingin mengonfirmasi terkait informasi ini, baik pihak OJK maupun Kemkominfo tidak bisa dihubungi.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.