Sukses

Tiga Fungsi Utama Internet di Indonesia

Sebuah riset mengungkap data penggunaan internet yang dilakukan oleh orang Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Akses internet yang dilakukan oleh orang Indonesia semakin tinggi setiap waktu. Distribusi perangkat mobile canggih yang memiliki fitur akses internet dengan mudah membuat angka pengguna internet di Tanah Air semakin tinggi. Lalu, apa yang biasa mereka lakukan di dunia maya?

Asosiasi Jasa Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) yang bekerjasama dengan Pusat Kajian Komunikasi, Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (Puskakom UI) melakukan riset khusus terkait kondisi kekinian yang ada pada penggunaan internet di Tanah Air.

Survei itu menunjukkan ada tiga alasan utama orang Indonesia menggunakan internet, dimana sebesar 72% digunakan untuk mengakses sarana sosial dan komunikasi, 65% untuk sumber informasi harian, dan 51% untuk mengikuti perkembangan jaman.

Riset itu kemudian merinci kegiatan yang biasa dilakukan orang Indonesia saat menjelajah dunia maya. Sebanyak 87% untuk berjejaring sosial, 69% untuk mencari informasi, 60% dipakai untuk pesan instan, dan mencari berita terbaru sebesar 60%.

"Tapi di wilayah kalimantan, kegiatan paling banyuak saat berinternet ialah untuk berkomunikasi menggunakan email hingga 59%. Kegiatan serupa dilakukan orang Indonesia bagian Timur 31% dan Indonesia bagian Barat sebanyak 24%," ungkap Endah Triastuti selaku Ketua Peneliti survei APJII 2014 dari Puskakom UI di Jakarta.

Lebih lanjut, riset itu juga mencari tahu penggunaan internet untuk kegiatan positif seperti aktivitas pendidikan, sarana sosialisasi, dan sumber informasi harian. Hasilnya, masyarakat di Indonesia bagian Timur lebih unggul soal keaktifan di sektor pendidikan daripada pengguna internet dari Indonesia bagian Barat.

"Pengguna internet Indonesia Timur lebih unggul daripada masyarakat Indonesia Barat dalam penggunaan internet untuk keperluan pendidikan yakni sebesar 38% dibanding 27%," kata Endah.

Sebuah fakta baru terungkap dari hasil riset yang dilakukan oleh APJII dan Puskakom UI, dimana penetrasi pengguna internet di wilayah Indonesia Timur ternyata lebih besar daripada pulau Jawa dan Bali, yang seringkali disorot sebagai tolak ukur perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia.

"Secara jumlah memang mayoritas pengguna internet di Indonesia berada di pulau Jawa dan Bali yakni sebesar 52 juta atau 59% dari total seluruh pengguna di Indonesia. Berikutnya di Sumatera 18,6 juta atau 21%, Sulawesi 7,3 juta atau 8,6%, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara sebanyak 5,9 juta yang setara 6,7% serta Kalimantan 4,2 juta atau 4,8%," kata Semuel Abrijani Pangerapan, Ketua Umum APJII.

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini