Begini Cara Akses Situs Internet Lebih Cepat di Indonesia

Oleh Denny Mahardy pada 08 Apr 2015, 13:12 WIB
Diperbarui 24 Jan 2017, 17:59 WIB
Internet network

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara berencana mengurangi penggunaan bandwidth internasional dari pengguna internet di Indonesia demi efisiensi. 

Tahun depan pemerintah akan mengeluarkan anggaran sebesar Rp 50 miliar untuk menyediakan sejuta web .id demi rencana pengurangan bandwidth internasional itu.

Heru Sutadi selaku Direktur Eksekutif ICT Institute ikut angkat suara soal rencana pemerintah mengefisiensikan penggunaan bandwidth internasional yang lebih banyak dilakukan pengguna internet Indonesia daripada akses lokal. Ia mengaku setuju dengan keinginan pemerintah untuk mengurangi akses ke jalur internet internasional.

"Akses ke jalur internet internasional memang bagus kalau dikurangi, tapi bukan hanya memakai domain .id yang cuma sebagai identitas situs saja. Yang lebih penting itu adalah situs-situs yang biasa diakses pengguna Indonesia itu hosting, jadi lebih tepat data center yang harus diatur," ungkap Heru saat ditemui tim Tekno Liputan6.com di Jakarta.

Heru memaparkan, penggunaan domain .id memang jadi lebih bertujuan pada urusan keamanan. Lebih lanjut, Heru menyebutkan, domain yang ada di situs hanya berupa identitas selayaknya nama, sedangkan lokasi yang bisa diakses dari situs itu merupakan hosting-nya.

"Domain .id itu sebenarnya lebih ke soal keamanan karena datanya kan lebih valid karena mengikuti aturan yang berlaku dari penyedia domain di sini, bukan soal akses jalur internasional.  Kalau domainnya .id tapi hosting di luar negeri berarti kita aksesnya tetap ke luar dulu pakai jalur internasional juga," tambah Heru.

Pria yang telah lama malang melintang di industri telekomunikasi itu pun menyarankan agar para pemilik situs Indonesia menggunakan domain .id dan menempatkan hosting situsnya di Indonesia agar lebih aman dan cepat ketika diakses pengguna di Tanah Air.

"Aksesnya bisa lebih cepat karena server-nya di Indonesia, jadi gak usah akses ke jalur internasional dulu. Sudah banyak kok hosting di sini yang bagus. Selain itu juga lebih terpercaya karena pakai domain .id, gak masalah kalau mereka juga punya domain .com," ujar Heru lagi.

(den/isk)