Sukses

Fasilkom UI Ingin Jalin Kerjasama Riset dengan Twitter

Dekan Fasilkom UI, Mirna Adriani, berharap bisa mendapatkan akses data publik Twitter lebih banyak untuk keperluan riset.

Liputan6.com, Jakarta - Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI), Mirna Adriani, berharap program beasiswa #Twitter4WaniTek tidak menjadi satu-satunya kerjasama dengan Twitter. Saat ini UI sedang menjajaki kerjasama lain dengan perusahaan media sosial tersebut.

Mirna menuturkan pihaknya sedang berencana membicarakan rincian program kerjasama yang akan dijalin dengan Twitter. Termasuk soal riset dan pendidikan.

"Ada rencana untuk membicarakan detail program kerjasama. Untuk riset, selama ini kami sebenarnya sudah ada riset dengan data-data Twitter seperti saat Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun lalu. Tapi kami berharap ke depan bisa mendapatkan lebih banyak data," kata Mirna saat ditemui di Shangri-La Hotel, Jakarta, di acara peresmian kantor Twitter Indonesia.

Menurut Mirna, semakin banyak data publik tentu saja hasil riset akan menjadi lebih efisien. Terlebih lagi, pengguna Twitter di Indonesia juga merupakan salah satu yang terbesar di dunia.

Diakuinya, Fasilkom UI sudah membicarakan mengenai hal tersebut kepada pihak Twitter. Hasilnya pun cukup memuaskan karena ternyata tidak perlu memakan biaya.

"Ternyata (riset data) gratis kalau untuk universitas, kalau untuk perusahaan memang harus bayar," jelasnya.

Sedangkan untuk bidang pendidikan, Mirna berharap akan ada kesempatan magang bagi para mahasiswa dan mahasiswi Fasilkom UI di kantor pusat Twitter di San Francisco, Amerika Serikat (AS). Kendati demikian, katanya, ternyata ada salah satu siswanya yang sudah mendapatkan kesempatan magang di Twitter.

"Dia diterima magang di Twitter bukan dari fakultas, tapi ternyata mandiri saja. Kami juga baru tahu soal itu," urainya.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.