Sukses

Gara-gara GPS, Rombongan Turis Nyasar hingga 1.200 Km

"Ada tiga tempat yang muncul di GPS menggunakan nama 'La Plagne' di Perancis, dan aku memilih yang salah," jelas sopir.

Liputan6.com, Prancis - Seorang pengemudi bus parwisata bertugas mengantarkan 50 turis asal Belgia ke sebuah resort ski bernama La Plagne di wilayah pegunungan Alpen, Prancis. Namun sial bagi para turis, sang pengemudi ternyata salah dalam menggunakan GPS sehingga mereka tersasar cukup jauh. 

"Ada tiga tempat yang muncul di GPS menggunakan nama 'La Plagne' di Prancis, dan aku memilih yang salah," jelas sang sopir bus saat diwawancari oleh stasiun radio Studio Brussel.

Dijelaskan lebih lanjut, sang sopir ternyata bukan memilih entry resort La Plagne, ia malah memilih entry Desa La Plagne pada GPS-nya. Alhasil sang sopir bersama 50 turis asal Belgia itu tersasar hingga 750 mil, atau setara dengan 1.200 km.

Desa La Plagne sendiri sudah lebih dekat dengan Spanyol. Jaraknya dengan perbatasan Negeri Matador tersebut sekitar 600 km.

"Kami tidak melihat pegunungan, kami justru melihat Mediterania dan Carcassonne (kota di selatan Prancis)," ujar salah seorang turis seperti yang dikutip dari laman The Guardian.

Rombongan tersebut pada akhirnya harus memutar dan singkat cerita mereka pun berhasil sampai ke resort ski La Plagne di pegunungan Alpen. Namun mereka harus rela masa liburannya molor 24 jam.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini