Sukses

Tips Agar Gadget Anda Tidak Overheating

Cahaya matahari yang terik dapat menembus lapisan casing dan 'memanggang' baterai.

Liputan6.com, Jakarta - Saat cuaca panas, seringkali gadget yang kita gunakan ikut panas, terlepas apakah perangkat itu laptop, tablet ataupun smartphone. Bahayanya, sebuah gadget yang kerap mengalami overheat dapat menjadi lemot dan yang terparah, tidak dapat dinyalahkan.

Yang menyebabkan gadget menjadi panas biasanya adalah cahaya matahari yang terik menembus lapisan casing dan 'memanggang' baterai. Berikut beberapa hal yang perlu Anda hindari agar gadget tidak mengalami overheat: 

1. Jangan meninggalkan gadget di dalam mobil ketika cuaca panas. Tidak baik meninggalkan gadget didalam mobil yang kedap udara karena gadget anda akan seperti masuk kedalam sebuah oven.

2. Jangan menggunakan gadget di tempat-tempat yang langsung terpapar sinar panas matahari, karena dapat merusak gadget. Gunakan pelindung agar gadget anda terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung.

3. Saat Anda beralih dari udara panas masuk ke ruangan yang memiliki udara dingin jangan langsung menggunakan gadget. Sebaiknya didiamkan sebentar kemudian baru dinyalahkan untuk menghindari kemungkinan gadget anda tidak dapat dinyalakan.

Tips khusus untuk laptop

Pasti sering merasakan yang namanya laptop panas, apa lagi bila terlalu lama digunakan tanpa dimatikan. Biasanya prosesor atau mesin di dalam laptop akan menjadi mudah panas yang dapat mengakibatkan laptop menjadi lemot dan dapat mati mendadak.

Berikut tips untuk mencegah laptop menjadi panas :

1. Bersihkan ventilasi pada laptop sehingga udara dapat keluar masuk dengan baik yang mencegah laptop menjadi mudah panas.
2. Sesuaikan pengaturan daya untuk menggunakan daya asupan listrik yang sesuai. 
3. Gunakaan cooling pad.
4. Matikan laptop bila tidak digunakan.
5. Bila laptop sedang dicolok ke listrik dan baterai masih dalam keadaan penuh, lebih baik cabut baterai untuk menghindari laptop cepat panas.

(ana/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini