Sukses

MacBook Terbaru Apple 24% Lebih Tipis dari MacBook Air

MacBook anyar ini memiliki dimensi tebal 13,1 milimeter di titik paling tebal, 24% lebih tipis dari MacBook Air.

Liputan6.com, Cupertino - Apple diam-diam ternyata punya serangkaian produk yang diluncurkan pada acara Spring Forward yang digelar kemarin waktu setempat atau dini hari waktu Indonesia. Pada acara yang digelar di Yerba Buena Center for the Arts, San Fransisco tersebut, Apple juga menampilkan laptop generasi baru miliknya.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino itu mengumumkan kehadiran laptop MacBook dengan layar 12 inci yang diklaim merupakan MacBook tertipis. Laptop anyar ini disebut-sebut memiliki bobot paling enteng.

MacBook tersebut memiliki dimensi tebal 13,1 milimeter di titik paling tebal yang membuatnya 24% lebih tipis dari MacBook Air. Sedangkan bobotnya hanya 2 pound atau tak sampai 1 kilogram, wajar bila diklaim menjadi MacBook paling ringan.

Mengutip laman The Verge, Apple mengaku telah melakukan banyak inovasi teknologi untuk MacBook terbaru ini. Laptop ini diklaim sebagai merupakan notebook Mac pertama yang tidak memakai kipas pendingin di dalam mesinnya.

Apple menyediakan MacBook ini dalam 3 pilihan model berdasarkan spesifikasinya. Versi pertama memakai prosesor 1.1 Ghz dengan kapasitas penyimpanan 256 GB yang dijual dengan harga US$ 1299 atau setara dengan Rp 16,9 jutaan.

Model kedua memakai prosesor berkecepatan 1.2 Ghz dan kapasitas penyimpanan seluas 512GB seharga US$ 1599 atau setara Rp 20,8 jutaan. Versi terakhir memakai prosesor 1.3 Ghz namun tidak disebutkan harganya.

Ketiga model MacBook 12 inci terbaru memakai prosesor Intel Core M yang bisa ditingkatkan kecepatannya hingga 2.9 GHz di model 1.3 GHz, ditunjang GPU Intel HD Graphics 5300. Baterai MacBook ini diklaim Apple bakal mampu bertahan selama 9-10 jam dalam sekali isi ulang.

MacBook 12 inci ini tersedia mulai 10 April mendatang dalam balutan warna abu-abu, silver dan gold di jaringan Apple Store. Sayangnya, Apple tidak menjelaskan negara mana yang kebagian jatah duluan untuk notebook anyar ini.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini