Sukses

Goodyear Kembangkan Ban Pengisi Daya Mobil Listrik

Goodyear kembangkan konsep ban pengisi daya mobil listrik berdesain sangat funky

Liputan6.com, Jakarta - Mobil listrik mulai banyak dikembangkan berbagai perusahaan teknologi, Tesla salah satunya. Namun, ada kendala yang harus diselesaikan terkait penggunaan mobil listrik, yakni teknik pengisian daya agar kendaraan masih tetap bisa mendapat pasokan tenaga meskipun sedang tak berada dekat sumber listrik.

Perusahaan pembuat ban, Goodyear, pun memperkenalkan sebuah konsep teknologi pengisian daya yang kemungkinan akan disematkan pada produknya. Teknologi yang dikembangkan Goodyear diharapkan dapat membuat pengisian daya bisa tetap dilakukan saat mobil sedang berjalan.

Konsep teknologi yang dikembangkan Goodyear diperkenalkan pada ajang Geneva International Auto Show awal pekan ini. Produk Goodyear yang diperlihatkan mengusung nama BH30 dengan desain yang sangat funky.

Mengutip laman Ubergizmo, secara teknis produk ini akan mengkonversi akumulasi panas yang dihasilkan ban dan memindahkannya ke tempat penyimpanan daya yang tersedia di dalam mobil.

Ada beberapa pilihan pengumpulan daya yang bisa dipakai. Pertama, memakai motif warna hitam di permukaan ban yang akan menyerap panas matahari, terlebih ketika mobil di tempat parkir yang terkena sinar matahari.

Metode lainnya ialah mengumpulkan panas yang dihasilkan dari gesekan selama kendaraan berjalan ataupun panas yang muncul dari tonjolan karet lentur di permukaaan ban.

Sayangnya, Goodyear tidak mau memberikan informasi lebih detil tentang teknologi atau bagaimana energi akan benar-benar dimanfaatkan untuk pengisian mobil. Wajar saja, karena konsep ini baru dikembangkan perusahaan dan mungkin mereka ingin merahasiakannya.

(den/dew)

">

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.