Sukses

Ini Alasan Kenapa Anda Perlu Membeli Apple Watch

Fitur-fitur canggih bukanlah 'menu utama' yang ditawarkan Apple di Apple Watch.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat hari Senin, 9 Maret 2015 waktu setempat, Apple menyelenggarakan sebuah acara khusus peluncuran produk terbaru mereka di Yerba Buena Center, San Francisco, California. Salah satu produk anyar Apple yang diluncurkan adalah jam tangan pintar Apple Watch. 

Apple Watch dinilai berbeda dibandingkan produk lain dari Apple karena masuk ke dalam jenis kategori perangkat baru di industri. Ya, sejauh ini belum banyak yang bermain di sektor jam tangan pintar, namun sudah ada beberapa seperti Samsung, LG dan Motorola, yang lebih dulu masuk ke pasar.

Menariknya, sejauh ini yang terlihat cukup sukses dari segi teknologi dan penjualan hanyalah Motorola Moto 360. Jajaran varian Samsung Galaxy Gear dan LG G Watch terbilang masih belum cukup memuaskan.

Mak tak heran jika peluncuran Apple Watch dinantikan oleh publik. Maklum, pasalnya produk besutan Apple selalu diekspektasi cukup tinggi oleh banyak orang.

Menurut pendapat jurnalis teknologi senior dari Business Insider, Steve Kovach, kondisi Apple Watch berbeda dengan produk lain dari Apple seperti iPhone dan iPod.

Kala meluncurkan iPhone dan iPod, Apple punya penjelasan yang sangat tegas terkait isu 'kenapa kita harus membelinya'. Sementara untuk Apple Watch, apa yang membuat kita harus membelinya?

Kovach mencatat, sejauh ini Apple telah menonjolkan sejumlah fitur seperti sensor detak jantung, Apple Pay, GPS, terkoneksi dengan iPhone, dan fungsi-fungsi kebugaran lainnya. Apple juga menjanjikan akan ada lebih dari 100 aplikasi di dalamnya. CEO Apple, Tim Cook, bahkan mengatakan jika Apple Watch dapat menjadi alat navigasi sejumlah perangkat rumah tangga seperti TV dan AC.

Namun menurut sudut pandang Kovach, fitur-fitur tersebut bukanlah 'menu utama' yang ditawarkan Apple di produk jam tangan pintarnya. Keunggulan utama dari Apple Watch justru sebenarnya terletak pada 'kandungan' fashion di dalamnya.

Scott Galloway, ahli perhiasan mewah dari lembaga riset L2 Inc mengatakan bahwa Apple Watch bukan sekedar perangkat canggih. Ia akan menjadi perhiasan bagi para penggunanya. Hal ini akan menjadikan Apple Watch sebagai perangkat life style yang mungkin 'harus' dimiliki oleh konsumen di tingkat strata sosial tertentu.

Maka tak heran jika perusahaan layanan finansial multinasional Amerika Serikat (AS), Morgan Stanley, memperkirakan Apple akan mampu menjual sekitar 30 juta unit Apple Watch di sepanjang tahun 2015 ini. 

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.