Sukses

Kaskus: Pajak e-Commerce Jangan Sampai Hambat Industri Lokal

Pendiri Kaskus menilai sebaiknya kebijakan soal pajak dibuat agar tak menghambat pertumbuhan para pemain e-Commerce asal Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Rencana pemerintah untuk menerapkan pajak ke para pelaku e-Commerce masih terus menjadi pembicaraan hangat. Rencana menambah pemasukkan negara lewat sektor baru bisnis itu didukung sejumlah pihak, tapi ada pula yang merasa terancam.

Andrew Darwis, Founder dan Chief Community Officer Kaskus mengaku pihaknya dan pemain bisnis internet cukup khawatir akan rencana pemerintah memberikan aturan kewajiban pajak bagi tiap perusahaan e-Commerce yang ada di Indonesia.

"Pemain di industri itu paling takut sama berbagai hal yang bisa mengancam keberlangsungan industri. Kebijakan pemerintah soal pajak ini terus terang cukup bikin pemain sedikit khawatir. Tapi biar bagaimanapun akan kita ikuti. Sebaiknya sih kalau mau diterapkan gak sekarang," ungkap pria yang dikenal sebagai Mimin Kaskus itu.

Dia menyebutkan, saat ini kebanyakan pemain lokal masih berusaha untuk tumbuh. sebaiknya kebijakan soal pajak dibuat agar tak menghambat pertumbuhan para pemain e-Commerce di Indonesia.

"Pemain lokal kan masih kebanyakan baru mulai tumbuh, khawatirnya yang baru itu bukannya tumbuh malah mati. kan gak bagus juga kalau aturan baru menghambat pertumbuhan pemain industri lokal," ujar Andrew lagi.

Meski merasa khawatir, lanjut Andrew, pihaknya akan menuruti segala kebijakan yang dikeluarkan pemerintah kepada industri. Mereka mengklaim berusaha untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah melalui diskusi agar aturan yang dikeluarkan tidak mengancam para pemain lokal.

"Kita sudah diskusi dengan pemerintah, untungnya pemerintah sekarang lebih terbuka untuk menerima masukkan dari para pemain yang ada. Semoga nanti hasilnya bisa sesuai keinginan pemain e-Commerce sekaligus pemerintah di kebijakannya", tambah Andrew.

Lebih lanjut, pria lulusan Universitas Seattle, Amerika Serikat itu mengaku pihaknya bakalan terus mengawal kebijakan pajak e-Commerce agar tak membahayakan pemain industri asal Indonesia yang sedang berusaha tumbuh.

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.