Tips Agar Smartphone Android Tak Lemot Saat Main Game

Oleh Jeko I. R. pada 26 Feb 2015, 08:25 WIB
Tips Agar Nggak Lemot Ketika Bermain Game di Android

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone Android merupakan salah satu perangkat yang bisa membuat Anda memainkan berbagai macam jenis game. Dari game yang memiliki konten gameplay yang sangat ringan hingga game yang memiliki konten gameplay yang cukup berat, semuanya beragam dan tersedia untuk di-download di Google Play Store.

Namun, pernahkan Anda mengalami kejadian permainan yang Anda mainkan menjadi lambat dan bahkan sempat lagging? Mungkin ini salah satu dari berbagai macam keluhan pengguna perangkat Android ketika menggunakan aplikasi yang terdapat di perangkat robot hijau tersebut, terlebih ketika bermain game.

Pastinya, semua orang menginginkan pengalaman bermain yang sempurna tanpa adanya gangguan lagging yang menggangu aktivitas permainan.

Tim Tekno Liputan6.com akan mengajak Anda untuk menyimak tips-tips berikut ini agar bisa bermain game dengan lancar. 

1. Pastikan baterai di atas 20 persen

Anda mungkin tidak akan merasakan game yang Anda mainkan menjadi lambat atau lagging kalau baterai Android Anda di-charge secara baik dan kondisi baterainya di atas 20 persen.

Baterai yang terhisap dan kondisinya di bawah 20 persen dapat menyebabkan prosesor di perangkat Android tidak bekerja dengan baik, terlebih ketika Anda membuka aplikasi dan bermain game.

Apalagi ketika Anda bermain game dengan kualitas grafik HD yang baik seperti The Amazing Spiderman dan Injustice: Gods Among Us dan Asphalt 8 Airborne, dipastikan alur permainan akan melambat ketika Anda bermain game-game tersebut dengan kondisi baterai yang lemah.

Setidaknya, pastikan baterai Android Anda berada di kondisi 50 persen untuk menunjang kondisi permainan yang normal.

2 of 4

Hindari aplikasi lain

2. Hindari aplikasi lain berjalan ketika bermain game

Ketika sedang membuka game, pastikan Anda menutup aplikasi lain yang sedang berjalan. Jangan me-minimize aplikasi yang sedang dibuka dan langsung membuka aplikasi lain, apalagi untuk bermain game.

Meskipun perangkat Android Anda memiliki RAM yang cukup, tetap lakukan cara ini agar Anda mendapatkan pengalaman bermain yang lancar.

>>> Selanjutnya.

3 of 4

Hapus junk files

3. Hapus junk files

Hapuslah beberapa file yang tidak penting seperti junk files dan cache sehingga perangkat Anda bisa bekerja secara optimal untuk memperlancar game yang Anda mainkan. Disarankan Anda memakai aplikasi Clean Master untuk membersihkan junk files dan cache untuk 'membersihkan' perangkat Android Anda.

4. Uninstall beberapa aplikasi 

Uninstall aplikasi yang menurut Anda jarang dipergunakan di perangkat Android Anda, karena jika Anda memiliki banyak aplikasi yang jarang dibuka dan membiarkan mereka bertengger, itu akan menambah beberapa junk files dan cache di perangkat.

4 of 4

Tingkatkan RAM

5. Tingkatkan RAM Anda sebelum mulai bermain game

Dengan menutup semua aplikasi yang berjalan sebelum bermain game, tentunya hal ini akan meningkatkan RAM perangkat Anda bekerja secara optimal sehingga Anda bisa memainkan game HD tanpa adanya lag.

Aplikasi Clean Master bisa membuat perangkat Anda bekerja dengan baik. Mengutip laman Tech In Buzz, Kamis (26/2/2015), Clean Master mempunyai fitur game booster yang bisa meningkatkan RAM perangkat Anda.

6. Pastikan selalu main game ter-update

Pastinya, Anda tidak harus menyalahkan perangkat Android Anda ketika beberapa cara telah dilakukan namun game yang dimainkan masih terasa lambat. Cobalah cek game yang terinstal di Android Anda, apakah sudah memiliki update terbaru atau belum?

Jika belum, coba update game yang ter-install agar bisa memperbaiki beberapa bug yang ada di versi game tersebut. Update game secara berkala tentunya akan memperbaiki performa kelancaran permainan yang semakin membaik.

(jek/isk)

Lanjutkan Membaca ↓