Sukses

1.500 Model Smartphone Siap Banjiri 2015

Sebuah riset mengungkap angka fantastik dari varian dan model smartphone yang bakalan diluncurkan pada tahun 2015

Liputan6.com, Jakarta - Angka adopsi smartphone terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Peningkatan itu mendorong para pembuat smartphone untuk semakin banyak menyediakan pilihan dan varian produk bagi pasar yang sedang tumbuh itu.

Sebuah riset mengungkap angka fantastik dari varian dan model smartphone yang bakalan diluncurkan pada tahun 2015. Menurut laporan riset yang dibuat 91Mobiles, bakal ada 1.500 model smartphone yang diluncurkan tahun ini.

Jumlah model yang akan disediakan vendor di tahun 2015 itu mengalami peningkatan sebesar 20% dari tahun 2014 yang mencapai 1.137 model smartphone yang diluncurkan. Sedangkan bila dibandingkan tahun 2013, jumlah itu meningkat sebesar 50% yang menghasilkan 957 model.

“Tren ini akan terus berlanjut karena merek-merek baru, seperti Xiaomi, Motorola (Moto), Asus, Obi, dan lain lain secara intensif menampakkan kehadirannya, sementara pemain lama cenderung bertahan dengan meluncurkan beberapa perangkat saja untuk melayani konsumen pilihannya dan poin harga,” tulis 91Mobile dalam sebuah laporannya.

Laporan itu pun mengungkap, di tahun ini bakal didominasi oleh perangkat yang dibanderol sekitar Rp 3 juta hingga Rp 5 jutaan. Kebutuhan konsumen akan smartphone berspesifikasi dan teknologi tinggi disebutkan masih relevan dalam dua tahun ke depan.

Dikutip dari Times of India, Senin (23/2/2015), konsumen itu disebutkan merupakan tipe pengguna yang mempunyai siklus dua tahunan dalam mengganti perangkat mobile miliknya. Pihak vendor smartphone telah menyiapkan langkah antisipasi terkait tren tersebut.

Penelitian ini sendiri dilakukan berdasarkan database pada website 91Mobile yang diklaim memiliki data lebih dari 20 ribu perangkat. Situs gadget tersebut juga melakukan perbandingan dengan sejumlah website gadget lain yang getol membuat database model smartphone.

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini