Sukses

Layanan Telepon Masih Menguntungkan Bagi Indosat

Layanan data masih belum mengalahkan panggilan telepon dalam hal kontribusi pendapatan di Indosat.

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran perangkat pintar mobile mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan data. Namun tren mengakses internet yang kian tinggi di sisi lain justru menggerus layanan komunikasi tradisional seperti telepon dan SMS.

"Makin banyaknya aplikasi berbasis internet yang menyediakan fitur telepon memang mempengaruhi penggunaan layanan suara oleh pelanggan. Tapi bagi Indosat penggunaan layanan telepon masih relatif stabil," ungkap Fidesia Noor, Division Head Data Service-Product Marketing Indosat.

Meskipun penggunaan layanan suara mulai stagnan, Fidesia mengklaim bahwa jenis layanan tradisional itu bersama SMS masih memberikan kontribusi besar bagi pendapatan layanan telekomunikasi yang disediakan oleh Indosat.

"Dari sisi pendapatan, layanan suara masih mendominasi kontribusi yang didapat perusahaan. Bisnis layanan suara masih sangat potensial berkembang di masa depan, kami masih mau meningkatkan kualitas layanan suara kepada pelanggan," tambahnya.

Peningkatan kualitas yang dimaksud Fidesia berupa layanan suara high definition atau HD Voice. Fitur ini diklaim akan menyajikan suara jernih dan bening ketika pelanggan Indosat melakukan panggilan suara menggunakan perangkat yang telah mendukung teknologi HD Voice.

"Indosat akan sediakan terus peningkatan teknologi di setiap layanan bagi pelanggan. Kita harapkan dengan kehadiran fitur HD Voice bisa semakin meningkatkan penggunaan dan pendapatan bagi perusahaan," papar wanita yang akrab disapa Fide itu.

HD Voice diklaim tak hanya bisa dinikmati ketika melakukan panggilan sesama Indosat. Fitur ini bisa dinikmati saat melakukan panggilan lintas operator asalkan kedua perangkat dan jaringan yang digunakan melakukan panggilan telah mendukung teknologi HD Voice.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini