iOS 8 vs Android Lollipop, Mana Lebih Unggul?

Oleh Denny Mahardy pada 18 Feb 2015, 09:05 WIB
Diperbarui 25 Jan 2017, 09:56 WIB
Penonton 'Porn Hub' Android Kalahkan Jumlah Penonton iOS

Liputan6.com, Jakarta - Apple dan Google masih terus bersaing ketat di ranah sistem operasi mobile dengan Android dan iOS. Kedua perusahaan itu belum lama ini meluncurkan versi termutakhir dari masing-masing sistem operasi yang dimilikinya.

Google baru meluncurkan Android 5.0 Lollipop dan Apple meluncurkan iOS 8 bersamaan dengan iPhone 6 beberapa waktu lalu. Sebuah rangkaian ujicoba pun dilakukan untuk mengetahui mana yang lebih kuat di antara kedua versi baru sistem operasi populer itu.

Ujicoba tersebut dilakukan untuk mengetahui performa smartphone terhadap aplikasi. Keduanya diuji untuk melihat mana sistem operasi yang memiliki performa kuat dan kerap menjadi biang keladi dari crash pada aplikasi yang sedang dijalankan di dalamnya.

Laman ZDNet mengungkap hasil ujicoba Android Lollipop dan iOS 8 yang dilakukan oleh Cirttericsm. Mereka ingin menjajal dan mengukur performa yang ada smartphone berdasarkan sistem operasi yang dipakai di dalamnya. 

Berdasarkan hasil pengujian itu iOS 8 disebutkan lebih sering mengalami crash, sedangkan Android Lollipop diklaim lebih stabil sebesar 0,2% dengan persentase crash rate 2,0% dibandingkan dengan iOS 8 yang memiliki crash rate sebesar 2,2%.

Ketika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, iOS 8 ditemukan lebih sering crash daripada yang pada perangkat yang memakai iOS 7. Versi iOS terdahulu tersebut hanya memiliki persentase crash rate sebesar 1,9%.

Ternyata kestabilan Android Lollipop memiliki persentase crash rate yang terendah di antara platform Android lainnya, dimana OS terbaru ini crash rate-nya 2,0% , sedangkan Android KitKat 2,6 % dan Ice Cream Sandwich 2,6%.

Google memang telah berhasil mengungguli kemampuan yang dimiliki Apple di sisi sistem operasi. Namun, untuk urusan popularitas di pasaran produk bertenaga iOS 8 besutan Apple masih lebih menarik bagi pasar ketimbang Android Lollipop.

(den/dew)