Sukses

Jika Pengguna Meninggal, Facebook Kini Bisa Diwariskan

Meski sudah diwariskan, perusahaan jejaring sosial terbesar di dunia itu tetap menjaga privasi dari sang pemilik asli.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook bagi sebagian orang menjadi `tempat` paling pribadi untuk menyimpan berbagai informasi yang dimilikinya. Namun, bagaimana nasib berbagai data yang terdapat di dalam akun Facebook jika sang pemilik tutup usia?

Seakan mengerti keinginan para penggunanya, Facebook baru saja mengumumkan fitur 'Legacy Contact' di layanan yang telah memiliki pengguna lebih dari 1,4 miliar itu.

Dilansir laman Cnet, Senin (16/2/2015), fitur baru ini bakalan disediakan di halaman pengaturan privasi. Pengguna bisa menambahkan kontak anggota keluarga sebagai ahli waris akun Facebook, yang akan dihubungi suatu saat jika pengguna meninggal.

Jadi, ketika pemilik akun Facebook dinyatakan meninggal, maka pewaris kontak akan diberikan hak-hak dari pemilik akun. Mulai dari merespon pertemanan, mengganti foto profil dan cover, serta mengunduh foto yang ada pada akun sang pemilik.

Meski sudah diwariskan, perusahaan jejaring sosial terbesar di dunia itu tetap menjaga privasi dari sang pemilik asli. Pewaris kontak tetap tidak diberikan kewenangan mengganti pengaturan dan membaca private message dari pengguna.

Pewaris kontak bahkan bisa menuliskan postingan di Timeline, tetapi dengan menggunakan profil mereka sendiri, bukan akun milik almarhum.

Fitur serupa juga telah disediakan Google pada tahun 2013 silam. Fitur yang dinamai 'Inactive Account Manager' memungkinkan akun Gmail dan dokumen di Google Drive diwariskan kepada orang lain bila penggunanya meninggal dunia.

Bagi Anda yang ingin segera menikmati fitur ini harus sedikit bersabar. Untuk sementara fitur ini baru bisa dinikmati oleh pengguna di wilayah UK. Facebook menjanjikan dalam beberapa waktu ke depan fitur tersebut akan tersedia secara luas ke seluruh dunia.

(den/isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini