Sukses

10 Video Game `Reboot` Terbaik

Apa saja 10 video game reboot terbaik yang kembali mengajak para gamer untuk tertarik memainkannya?

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang belum familiar dengan istilah reboot, jangan terkecoh. Karena istilah reboot berbeda dengan remake.

Reboot
adalah game yang dibuat kembali baik mengulang seri pertamanya atau kembali melanjutkan sekuel, dengan gameplay dan tampilan grafik yang berubah total. Sementara remake adalah game yang ceritanya tetap sama hanya dengan me-remaster grafik dengan mengubah 2D menjadi 3D.

Tim Tekno Liputan6.com telah merangkum 10 video game reboot terbaik, sebagaimana dilansir  Watch Mojo, Jumat (23/1/2015). Apa saja 10 video game reboot tersebut? Simak ulasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Prince of Persia: Sands of Time

1. Prince of Persia: Sands of Time (2003)

Game ini di-reboot pada tahun 2003 untuk platform PS2, Xbox dan Gamecube. Seri original game ini sendiri dirilis pada tahun 1989 untuk PC. Sayangnya, meskipun banyak pemain yang tertarik memainkan game ini, Prince of Persia mempunyai gameplay yang begitu lambat.

Dengan dirilisnya Sands of Time, Prince of Persia sukses menyajikan reboot yang menjanjikan dimana si pemain mengontrol karakternya melakukan acrobatic style dalam tampilan grafik 3D yang memukau. Uniknya, seri Prince of Persia: Sands of Time kembali di-reboot untuk kedua kalinya namun tidak mendapatkan animo sebesar Sands of Time.

3 dari 11 halaman

Fallout 3

2. Fallout 3 (2008)

Game original dari Fallout ber-genre isometric turn-based RPG dan dirilis untuk PC pada tahun 1997. Game ini memiliki grafik sederhana namun menyajikan gameplay yang cukup menarik. Pada tahun 2008, Fallout 3 dirilis untuk konsol PS3 dan Xbox 360.

Dengan mengubah konsep secara besar-besaran, game ini disulap menjadi First-Person Shooter tetapi tetap diperkuat dengan unsur RPG. Dengan grafik yang sempurna untuk konsol PS3 dan Xbox 360, game ini cukup menarik banyak perhatian para gamer pada saat itu.

4 dari 11 halaman

XCOM: Enemy Unknown

3. XCOM: Enemy Unknown (2012)

Game original ini berjudul X-Com: UFO Defense atau dengan nama lain UFO: Enemy Unknown di wilayah Eropa. Dengan genre Isometric Turn Based Strategy, para pemain bisa melancarkan banyak serangan elemental dengan strategi yang dibuat pada saat yang bersamaan.

Seri reboot ini telah dipoles sedemikian rupa dan menyajikan gameplay yang lebih seru. XCOM: Enemy Unknown dirilis untuk konsol PS3, Xbox 360 dan bahkan untuk iOS dan Android.

5 dari 11 halaman

Metroid Prime

4. Metroid Prime (2002)

Metroid Prime di-reboot pada tahun 2002 untuk konsol Nintendo Gamecube. Game ini sukses menyajikan gameplay first person perspective yang bisa membuat pemainnya melancarkan serangan combat lebih leluasa. Metroid Prime bisa menjadi game klasik pilihan yang menarik banyak perhatian sampai hari ini.

6 dari 11 halaman

Mortal Kombat

5. Mortal Kombat (2011)

Game fighting yang dirilis pada tahun 1990an ini merupakan salah satu game kontroversial karena menyajikan banyak adegan sadis dan berdarah. Pada awal tahun 2000an, sekuel game ini dirilis dalam bentuk 3D namun menyajikan gameplay fighting yang begitu monoton dan kurang menarik perhatian para fans Mortal Kombat.

Ketika game ini di-reboot pada tahun 2011 untuk konsol PS3 dan Xbox 360, Mortal Kombat reboot mendapat banyak respon positif dari para fans. Dengan tampilan gameplay dan grafik yang begitu menarik, Mortal Kombat reboot juga ternyata kembali menceritakan ulang event yang telah terjadi di 3 game Mortal Kombat pertama dengan beberapa cerita baru.

7 dari 11 halaman

Tomb Raider

6. Tomb Raider (2012)

Siapa yang tidak kenal Lara Croft, salah satu karakter protagonis game yang begitu iconic. Tomb Raider di-reboot pada tahun 2013 untuk konsol PS3 dan Xbox 360. Dengan pihak developer Square Enix, gameplay Tomb Raider 'dirombak' habis-habisan dan ternyata memang menyajikan game 'survival action adventure' yang sangat menegangkan dan seru. Tak hanya itu, Lara Croft juga didesain ulang dan 'menjelma' menjadi seorang gadis yang begitu cantik.

8 dari 11 halaman

Starfox 64 3D

7. Starfox 64 3D (2011)

Pertama kali dirilis untuk Nintendo 64, game ini cukup populer. Tetapi karena keterbatasan hardware untuk bisa dimainkan, popularitas game ini mulai meredup. Namun, Starfox 64 kembali di-reboot dengan banyak fitur baru yang bisa dimainkan. Banyak planet yang bisa dijelajahi, banyak rute baru yang bisa ditelurusi dan tentunya disertai dengan dialog penuh dengan humor ala game Starfox klasik.

9 dari 11 halaman

Rayman Origins

8. Rayman Origins (2011)

Game Rayman original dirilis untuk konsol PS1, Sega Saturn dan PC, dilanjutkan dengan sekuel yang menampilkan tampilan 2D yang berubah ke 3D. 16 tahun kemudian Ubisoft memutuskan untuk me-reboot Rayman kembali dengan tampilan game 2D.

Banyak level yang bisa ditelusuri di game ini, tentunya Rayman Origins banyak menarik para pemain yang merindukan gameplay Rayman yang klasik dengan tampilan reboot yang menarik.

10 dari 11 halaman

Doom 3

9. Doom 3 (2005)

Doom 3 dirilis pada tahun 2005 untuk Xbox, namun konsol PS3 dan Xbox 360 pun juga mendapatkan seri ini. Gameplay yang disajikan Doom 3 sangat berbeda dengan seri game Doom terdahulu. Dengan suasana yang mencekam dan tampilan grafik yang ditingkatkan, Doom 3 layak dicoba untuk melengkapi koleksi game first-person shooter survival horror Anda.

11 dari 11 halaman

Donkey Kong Country: Returns

10. Donkey Kong Country: Returns (2010)

Donkey Kong Country: Returns sangatlah berbeda dari game asli pertamanya yang dirilis untuk Nintendo. Di-reboot untuk Nintendo Wii dan 3DS, gameplay yang disajikan begitu menarik dan menghibur. Banyak yang beranggapan bahwa game ini justru lebih menarik dari game original-nya sendiri. Donkey Kong Country: Returns termasuk salah satu bentuk reboot sukses yang mampu menarik para pemainnya.

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.