Sukses

5 Game Resident Evil Terbaik Sepanjang Masa

Resident Evil telah menunjukkan bahwa game ini bisa menjadi franchise yang mampu membuat film, novel, komik dan banyak produk lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu pelopor game survival horror, kesuksesan game Resident Evil mampu meraup 61 juta kopi dari rilis di tahun pertama pada tahun 1996. Resident Evil telah menunjukkan bahwa game ini bisa menjadi franchise yang mampu membuat film, novel, komik dan banyak bentuk produk lainnya. 

Januari menjadi bulan besar untuk game survival horror ini. Dalam beberapa waktu terakhir Resident Evil 4 baru saja merayakan 10 tahunnya, dan dalam waktu beberapa hari ke depan Resident Evil HD Remaster akan bergentayangan di PC, PS4 dan Xbox One.

Untuk merayakan bulan besar Resident Evil ini, Liputan6.com akan menyajikan 5 game RE (Resident Evil) terbaik sepanjang masa. Apa saja game-game RE tersebut?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Resident Evil: Code Veronica

1. Resident Evil: Code Veronica

Dirilis pada tahun 2000 untuk platform Sega Dreamcast, game ini merupakan game RE pertama yang menggunakan teknologi 3D background dan tidak menggunakan layout klasik static backdrop seperti game-game RE sebelumnya. Grafik yang disajikan begitu sempurna untuk ukuran game RE pada masanya.

Di seri RE ini, Claire Redfield, karakter utama dari RE 2 kembali menjadi karakter utama untuk melanjutkan pencarian mencari kakaknya yang hilang, Chris Redfield.

3 dari 6 halaman

Resident Evil 3: Nemesis

2. Resident Evil 3: Nemesis

RE 3 dirilis setahun sebelum RE: Code Veronica. Game ini merupakan puncak kesuksesan seri game RE di konsol PS 1. Karakter utama game ini adalah Jill Valentine. Sepanjang cerita di game, Jill akan diteror oleh monster percobaan rekayasa genetika dari Umbrella, Nemesis.

RE 3 sukses menggabungkan unsur action, puzzle dan survival horror. Game ini memiliki gameplay bahkan lokasi yang sama persis dengan sekuel RE sebelumnya, RE 2. Namun, RE 3 masih tetap memenangkan hati para gamer untuk tetap memainkan game ini sampai sekarang.

4 dari 6 halaman

Resident Evil

3. Resident Evil

Seri RE ini merupakan awal mula dari semua seri game RE lainnya. Dirilis pada tahun 1996 untuk konsol PS 1. Dengan grafik yang cukup baik dan storyline yang cukup menjanjikan pada masanya, RE menjadi game survival horror pertama yang menyajikan gameplay yang begitu menarik.

Lucunya, game ini memiliki voice acting yang cukup buruk. Namun, banyak fans RE yang masih memperbincangkan hal ini sampai sekarang dan menjadi salah satu ciri khas dari game ini.

RE telah di-remake ke konsol Nintendo Gamecube pada tahun 2002, dan pada tahun ini RE versi remake akan di-remaster secara ekslusif untuk PC, PS 4 dan Xbox One.

5 dari 6 halaman

Resident Evil 2

4. Resident Evil 2

Game ini merupakan sekuel pertama dari seri game RE dan dirilis pada tahun 1998 untuk konsol PS 1. Pemain bisa memilih storyline dari dua sisi karakter, Leon Kennedy atau Claire Redfield.

Game ini kembali menarik perhatian para gamer pada masanya. Dengan setting lokasi yang berbeda dari RE, RE 2 menyajikan suasana yang lebih mencekam dan tentunya banyak jenis monster baru yang belum pernah ditemui di RE 1.

6 dari 6 halaman

Resident Evil 4

5. Resident Evil 4

Dirilis pada tahun 2005 untuk Nintendo Gamecube, pihak Capcom merasa bahwa game ini justru akan lebih banyak mendulang popularitas bila dirilis kembali ke konsol PS 2. Benar adanya bahwa setelah dirilis di PS 2, RE 4 semakin meraih popularitas di hati para fans RE.

Untuk sisi gameplay, RE 4 memang sangat berbeda dibanding sekuel-sekuelnya terdahulu. Leon Kennedy kembali menjadi karakter utama di dalam game ini. RE 4 didukung storyline yang begitu menarik, di game ini juga muncul Los Ganados, pengganti zombie khas RE yang menyerupai warga desa yang terlihat gila dan ingin membunuh siapapun.

Dengan adanya beberapa perubahan baru ini, tentunya RE 4 mendapatkan respon positif dari para fans. Berdasarkan informasi yang dilansir Crave Online, Selasa, (20/1/2015) usia game RE 4 sudah hampir 10 tahun dan belum ada game survival horror yang mampu menyaingi kesuksesan game fenomenal ini.

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.