Sukses

Pantau Kualitas Tidur Anak Pakai Kasur Pintar

Tempat tidur pintar ini diciptakan supaya anak-anak bisa tidur dengan nyaman dan tetap bisa dipantau oleh orangtuanya.

Liputan6.com, Jakarta - Tempat tidur mungkin menjadi lokasi paling penting bagi anak saat beristirahat dari aktivitas sehari-hari. Sebuah inovasi dibuat agar tempat tidur menjadi lokasi yang cukup aman bagi anak dan bisa dipantau.

Tempat tidur pintar bernama SleepIQ ini diciptakan supaya anak-anak bisa tidur dengan nyaman dan tetap bisa dipantau oleh orangtuanya. Kasur canggih ini diklaim sebagai satu-satunya perangkat canggih di dunia yang mampu menyesuaikan diri dengan pertumbuhan anak-anak.

Mengutip laman Dailymail, SleepIQ memiliki kemampuan memantau posisi, tingkat pernapasan, denyut jantung dan gerakan anak selama di atasnya. Kemampuan itu dibuat menggunakan algoritma seluruh tubuh yang akan menghasilkan penilaian kualitas tidur.

Bagi orangtua, sebuah aplikasi pelengkap yang terintegrasi dengan SleepIQ dapat membantunya memantau kualitas tidur anak maupun kondisi anak secara langsung. Aplikasi ini juga bakalan memberikan pemberitahuan dan peringatan saat si anak tidur gelisah, mimpi buruk ataupun terjatuh dari ranjang.

Lewat aplikasi itu, orangtua juga dapat memonitor faktor lain yang mempengaruhi tidur anak seperti olahraga, kafein dan waktu yang dihabiskan untuk melihat layar. Bahkan aplikasi ini akan membantu mereka membangun kebiasaan anak supaya tidur di malam hari.

Sebenarnya, konsep tempat tidur ini menyerupai perangkat gadget terpakai yang banyak dibuat untuk mendeteksi aktivitas penggunanya. Pembuat SleepIQ menilai anak-anak tak begitu memerlukan wearable devices yang dipakai saat tidur supaya bisa dipantau orangtuanya.

Kecanggihan lain yang disediakan di SleepIQ ialah bagian kepala yang bisa dinaik-turunkan untuk membuat anak nyaman saat membaca, fitur ini juga bisa dikendalikan dari jarak jauh. Ada juga lampu otomatis yang akan memandu anak ketika terbangun di tengah malam.

Kasur canggih ini baru disediakan di sotre Sleep Number yang tersedia di Amerika Serikat. SleepIQ dibanderol dengan harga US$ 1.000 atau sekitar Rp 12 jutaan.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini