Sukses

MacBook Anda Overheating? Lubangi Saja dengan Bor

Antisipasi apa yang harus dilakukan untuk mengantisipasi MacBook yang overheating? Berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda memiliki MacBook, pada titik tertentu kemungkinan MacBook Anda akan mengalami overheating (panas yang berlebihan). Hal ini biasanya terjadi ketika terlalu banyak proses yang berjalan secara bersamaan atau jika Anda menggunakan beberapa aplikasi berat, seperti video game atau software editing video.

Untuk mengatasai hal tersebut, Apple mencoba untuk menemukan keseimbangan antara desain dan pendinginan. Akan tetapi masalah overheating tetap terjadi. Lalu, antisipasi apa yang harus dilakukan?

Situs teknologi iFixit yang dikenal kerap membongkar sejumlah perangkat gadget, menyarankan untuk melubangi bodi bagian bawah MacBook dengan bor. Langkah ini diklaim dapat meningkatkan sirkulasi udara. Demikian seperti dikutip dari laman Ubergizmo, Senin (05/01/2015).

"Kami membuat beberapa lubang menggunakan bor di casing bagian bawah, tepat bawah kipas pendingin (kami sadar kipas pendingin kerap diselimuti debu yang menempel). Alhasil, kipas dapat berputar lebih kencang, proses booting lebih cepat, dan layar bersinar," kata programmer iFixit.

Tak hanya itu, lubang-lubang juga diklaim bisa menurunkan suhu rata-rata laptop yang berjalan antara 80-90 derajat Celsius, dan bahkan akan mencapai 100 derajat Celsius pada beberapa titik. Berkat lubang tambahan, suhu berhasil turun menjadi rata-rata 40-50 derajat Celsius.

Meski cara itu diklaim berhasil, tentu saja kami tidak menyarankan Anda untuk melakukan hal tersebut. Cobalah beberapa metode kreatif lain tanpa harus membuat bodi MacBook kesayangan Anda berlubang.

(isk/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini