Sukses

Baidu Jalin Kerjasama Strategis dengan Uber

Para pengguna Baidu Map dan Mobile Baidu nantinya dapat terhubung dengan para pengemudi mitra Uber dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan mesin pencari ternama asal Tiongkok, Baidu, menjalin kerjasama dan investasi strategis dengan penyedia jasa layanan pemesanan 'taksi premium' Uber. Para pengguna Baidu Map dan Mobile Baidu nantinya dapat terhubung dengan para pengemudi mitra Uber dengan mudah.

Sebaliknya, Uber akan memanfaatkan keunggulan teknologi Baidu dalam pencarian mobile, pemetaan mobile serta distribusi aplikasi. Penandatanganan perjanjian kerjasama keduanya sudah dilakukan di kantor pusat Baidu di Beijing minggu lalu.

"Misi Baidu adalah selalu memberikan pengalaman terbaik dan paling efektif bagi para pengguna untuk menemukan apa yang mereka cari. Di era smartphone seperti saat ini, akan semakin banyak layanan yang terhubung dengan pengguna. Orang-orang mencari layanan yang paling nyaman dan mudah untuk bepergian ke tempat yang ingin mereka tuju," kata Pendiri Baidu Robin Li.

Robin Li menambahkan, pertumbuhan Uber sangat pesat dalam empat tahun terakhir. Menurutnya ini adalah bukti dari adanya permintaan pasar akan transportasi yang mudah dipesan, dapat diandalkan, serta terjangkau.

Di lain sisi, CEO Uber Travis Kalanick mengatakan, "Kerja sama kami dengan Baidu yang merupakan brand yang telah mendunia, mencerminkan komitmen kami kepada masyarakat serta komunitas penumpang dan mitra sopir Uber yang terus berkembang di sini".

Menurut Kalanick, kerja sama ini merupakan hal yang sangat penting bagi Uber. Uber sendiri saat ini telah beroperasi di 250 kota di seluruh dunia. Dan wilayah Asia-Pasifik merupakan wilayah pertumbuhan utama bagi Uber.

Saat ini Uber telah beroperasi di sembilan kota di Tiongkok, yaitu Beijing, Shanghai, Tianjin, Chongqing, Shenzhen, Guangzhou, Wuhan, Chengdu, dan Hangzhou.

Baidu sendiri merupakan pemimpin dalam pencarian mobile, pemetaan mobile, dan distribusi aplikasi di Tiongkok. Mesin pencari mobile Baidu memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif setiap bulannya, dan Baidu Map memiliki lebih dari 240 juta pengguna aktif bulanan. Baidu merupakan platform distribusi aplikasi mobile terbesar di Tiongkok, yang mendistribusikan rata-rata 160 juta aplikasi setiap harinya.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.