Waspada! Malware Jahat Bersembunyi di Situs Penurun Berat Badan

Oleh Adhi Maulana pada 24 Nov 2014, 08:28 WIB
Diperbarui 24 Nov 2014, 08:28 WIB
Android malware
Perbesar
(foto: phonearena.com)

Liputan6.com, Jakarta - Lookout, perusahaan keamanan perangkat mobile telah merilis laporan terkait penemuan malware jahat baru yang mengincar para pengguna Android.

Malware yang diberi julukan 'NotCompatible' ini diprediksi telah beredar sejak 2 tahun terakhir dan sudah menginfeksi lebih dari 4 juta pengguna di Amerika Serikat.

Menurut yang dilansir laman Slashgear, Lookout menjelaskan bahwa jenis malware ini bersembunyi di balik situs-situs palsu. Umumnya situs-situs yang digunakan berpura-pura menawarkan jasa penurun berat badan atau update software.

Jika pengguna membuka dan mengunduh konten yang ditawarkan di dalam situs palsu tersebut, maka malware akan menginfeksi dan tertanam di dalam perangkat.

Malware ini dapat dinavigasikan dari jarak jauh, atau lebih dikenal dengan sistem 'botnet'. Dengan malware ini para penjahat cyber dapat mencuri berbagai informasi pribadi pengguna, terutama menyasar username dan password.

Selain itu, akun-akun pengguna yang nantinya dikuasai juga dapat digunakan sebagai sarana penyebarluasan malware lewat email palsu.

Bahkan menurut penjelasan Lookout, sebagian besar jenis malware NotCompatible telah dimodifikasi sedemikian rupa dan telah dibekali kemampuan untuk mencuri pulsa. (dhi/dew)