Sukses

Kotoran Manusia Bakal jadi Sumber Energi Ponsel

Sekelompok peneliti menemukan bahwa di masa depan kotoran manusia bisa menjadi sumber energi pada ponsel.

Liputan6.com, Jakarta - Sekelompok peneliti yang berasal dari Universitas East Anglia, Norwich, Inggris, menemukan bahwa di masa depan, kotoran manusia bisa menjadi sumber energi pada ponsel.

Dikutip dari laman Mirror pada Rabu (3/12/2014), para peneliti tersebut menemukan proses alami yang terjadi dalam bakteri. Bakteri itu mampu meningkatkan 'bio baterai' yang dapat menghasilkan energi untuk teknologi portabel seperti ponsel, tablet, dan laptop.

Studi ini sendiri fokus pada bagaimana elektron menembus protein bakteri. Baik manusia maupun hewan, terang penelitian tersebut, sama-sama mengandung bakteri yang bernafas menghirup mineral besi sebagaimana manusia dan binatang menghirup oksigen. Saat 'bernafas' inilah muatan listrik dilepaskan.

"Bakteri ini bisa menghasilkan listrik di lingkungan yang tepat," kata Julea Butt, peneliti utama dari Universitas East Anglia.

"Ini merupakan kemajuan menarik dalam pemahaman kita tentang bagaimana beberapa spesies bakteri memindahkan elektron dari dalam ke luar sel dan membantu kita memahami perilaku mereka sebagai modul transfer elektron yang kuat," tambahnya.

Masih menurut Butt, penelitian ini diharapkan akan menjadi awal untuk memproduksi energi yang berkelanjutan.

"Kami berharap bahwa memahami bagaimana proses natural ini bekerja akan menginspirasi desain protein yang akan mendukung sel bahan bakar mikroba untuk produksi energi berkelanjutan," imbuhnya. (rio/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini